nusabali

Banyu Pinaruh, Balawista Intensifkan Pengawasan

Petugas Shift Pagi Diminta Datang Lebih Awal

  • www.nusabali.com-banyu-pinaruh-balawista-intensifkan-pengawasan

MANGUPURA, NusaBali - Kunjungan masyarakat ke sejumlah pantai di Badung mengalami peningkatan pada Minggu (21/5). Lantaran bertepatan dengan banyaknya masyarakat yang merayakan Banyu Pinaruh.

Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, petugas dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) pun meningkatkan pengawasan. Bahkan jam kerja petugas yang berjaga pada shift pagi pun dimajukan.

Kepala UPTD Balawista Kuta Ketut Ipel, mengatakan pengawasan di pesisir pantai di Badung terus ditingkatkan, terlebih pada Minggu pagi banyak masyarakat yang merayakan Banyu Pinaruh. Petugas yang berjaga shift pagi pun diminta datang lebih awal. Sebab banyak masyarakat datang saat pagi untuk melukat.

“Kita lebih intens terkait hal ini. Kita majukan jam tugas personel yang shift pagi. Biasanya dimulai pukul 07.00 Wita, saya instruksikan dari kemarin agar dimajukan menjadi pukul 06.00 Wita,” ujar Ipel.

Menurutnya, dalam pengawasan setiap pos dilakukan oleh dua orang petugas. Pembagian waktu tugas menjadi dua yaitu pagi dan sore. Secara keseluruhan satu pos ada lima sampai enam orang yang bertugas. “Kita maksimalkan tenaga yang ada,” ucap Ipel.

Total ada 16 pos Balawista. Tersebar dari Pantai Jerman, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, hingga Pantai Cemagi, Kecamatan Mengwi.

Dalam perayaan Banyu Pinaruh kemarin, Ipel menyebut ada peningkatan kunjungan ke pantai. Jumlahnya diperkirakan mencapai 50 persen dari kunjungan di hari biasa. “Kami selalu mengimbau masyarakat untuk mematuhi arahan dari petugas di lapangan, seperti keberadaan bendera merah, itu artinya dilarang untuk berenang,” katanya. 7 dar

Komentar