nusabali

Kementerian PPN/Bappenas Kunjungi Nusa Penida

  • www.nusabali.com-kementerian-ppnbappenas-kunjungi-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali - Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas, Ervan Maksum, mengunjungi sejumlah objek wisata di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Minggu (21/6). 

Maskum turun bersama Direktur Sumber Daya Air M Irfan Saleh, Direktur Transportasi Ikhwan Hakim didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta oraganisasi perangkat daerah (OPD) Klungkung terkait.

Tempat yang dikunjungi yakni Objek Wisata Pantai Kelingking, Objek Wisata Pasih Uug, Anggel Billabong, SPAM Mata Air Penida, Objek Wisata Crystal Bay, dan Pelabuhan Bias Munjul Ceningan. Selanjutnya rombongan meninjau rencana jembatan baru penyebrangan Ceningan-Lembongan dengan masterplan KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Nusa Penida yakni aksebilitas jalan, abrasi pantai (tanggul penanganan pantai), air bersih dan air minum, telekomunikasi dan persampahan serta rencana pengembangan daya tarik wisata KSPN Nusa Penida. 


Maksum mengatakan, kedatangannya ke Nusa Penida untuk melihat langsung apa saja menjadi suporting dari pemerintah pusat untuk mempercepat KSPN Nusa Penida menjadi lebih masif. Masalah infratruktur jalan, tanggul untuk saling berkordinasi dalam penanganan ini. Sementara jembatan Ceningan-Lembongan yang menjadi hal penting dalam mendukung pelabuhan Bias Munjul lebih lanjut untuk menyiapkan kesiapan kriteria yang harus dibutuhkan. “Siapkan dan ajukan yang menjadi kebutuhan, lebih lanjut nanti akan dikolaborasikan, dan pemerintah daerah terus berkomunikasi,” ujar Maksum.

Bupati Suwirta mengucapkan terima kasih kepada Deputi yang datang ke Nusa Penida untuk memberikan suport terhadap pulau ini, yang secara jelas sudah dilihat langsung situasi di Nusa Penida. Seiring dengan pesatnya perkembangan pariwisata Nusa Penida banyak keluhan yang muncul yakni keluhan infrastruktur, kemacetan, air bersih, listrik, dan banyak lagi. “Kami di kabupaten tidak bisa bekerja sendiri, dengan kolaborasi kami berharap Bapak Deputi bisa mengurai dan mempercepat masalah yang dihadapi, sehingga potensi yang sudah ada bisa berlangsung lama dan membuat tamu lebih nyaman di Nusa Penida,” harap Bupati Suwirta. @ wan

Komentar