nusabali

PKB XLV 2023 Dibuka 18 Juni, 171 Agenda Padati Art Center dalam 30 Hari

  • www.nusabali.com-pkb-xlv-2023-dibuka-18-juni-171-agenda-padati-art-center-dalam-30-hari

DENPASAR, NusaBali.com - Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023 yang mengangkat tema Segara Kerthi: Prabhaneka Sandhi (Samudera Cipta Peradaban) bakal dibuka pada Minggu (18/6/2023) mendatang.

Seperti sudah menjadi tradisi, PKB XLV agar dibuka melalui peed aya (pawai) di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi. Kemudian akan dibuka secara seremonial lewat rekasadana (pergelaran) di Panggung Terbuka Ardha Candra.

Dalam pernyataan tertulis, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha menjelaskan, ada sepuluh materi yang akan ditampilkan pada PKB XLV.

Kesepuluh materi itu adalah Peed Aya (pawai), Rekasadana (pergelaran), Utsawa (parade), Wimbakara (lomba), Kriyaloka (workshop), Kandarupa (pameran), Widyatula (sarasehan), Penghargaan Adhi Sewaka Nugraha, Bali World Culture Celebration, dan Pekan Jantra Tradisi Bali.

"PKB XLV Tahun 2023 sebagai festival seni terbesar di Provinsi Bali bersifat merakyat tetapi bereputasi di tingkat dunia," tutur Arya Sugiartha.

Mantan rektor ISI Denpasar ini menjelaskan, tema yang diangkat pada PKB XLV ini adalah bentuk upaya memuliakan samudera sebagai sumber kesejahteraan sekaligus asal mula suatu peradaban.

Jika digali lebih dalam, samudera melambangkan luasnya ilmu pengetahuan dan dalamnya nilai-nilai luhur. Samudera juga muara dari berbagai unsur dunia yang lahir dari cipta, rasa, dan karsa manusia yang adiluhung.

"Melalui eksplorasi tema tersebut diharapkan tercipta karya seni yang menunjukkan potensi, ciri khas, dan keunikan daerah yang berlandaskan pakem-pakem tradisi, sebagai wahana transformasi nilai-nilai kehidupan, doktrin kehidupan ala Bali untuk mewujudkan Bali Padma Bhuana," jelas akademisi dan birokrat kelahiran Tabanan.

Bali Padma Bhuana merupakan konsep untuk menjadikan Pulau Dewata sebagai pusat peradaban dunia. Untuk itu, gelora generasi masa kini untuk mencintai kebudayaan sendiri sebagai penguatan karakter sangat diperlukan.

Dari tema yang memuliakan samudera ini diharapkan pula terpupuk semangat, kesadaran, dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan khususnya kawasan pesisir dan laut. Termasuk bagaimana memanfaatkan sumber daya bahari untuk mendukung peradaban.

Selayaknya samudera, PKB XLV didesain sebagai 'melting pot' kreativitas dan pencapaian karya seni dari seluruh seniman dan pelaku seni di Bali. Di mana, konsep pemuliaan samudera itu menjadi basis untuk mengemas seni tradisi, klasik, dan rakyat dengan apik.

Selama 30 hari mulai 18 Juni-16 Juli 2023, Taman Budaya Bali Art Center Denpasar bakal disesaki berbagai agenda kegiatan yang tersusun dari 10 materi. Setidaknya ada 171 agenda yang sudah dijadwalkan terlaksana hampir setiap harinya.

Rekasadana bertajuk 'Karang Kaang Kambang' akan membuka PKB XLV. Garapan sendratari ini merupakan hasil kolaborasi Sanggar Usadhi Langu dan ISI Denpasar. Kemudian, gelaran Penghargaan Adhi Sewaka Nugraha kepada insan pengabdi seni di Bali bakal menutup perhelatan pada Minggu (16/7/2023) malam.

Diberitakan sebelumnya, PKB XLV Tahun 2023 ini bakal menelan anggaran APBD Provinsi Bali sekitar RP 9 miliar melalui Dinas Kebudayaan. Di samping itu, ratusan sanggar dan belasan ribu seniman akan menampilkan kualitas dan tolok ukur khazanah seni budaya Pulau Dewata.

Selain dari Bali dan Nusantara, berbagai pelaku seni dari beberapa negara di Asia dan Eropa juga akan meramaikan PKB XLV melalui Bali World Culture Celebration.

Sementara itu, Kepala UPTD Taman Budaya Bali I Wayan Arsika menjelaskan Art Center memiliki aset hasil renovasi yang awalnya direncanakan untuk drawing Piala Duni U-20. Untuk itu, hasil pengerjaan renovasi tidak sia-sia lantaran siap digunakan untuk PKB XLV.

"Kami diuntungkan dari renovasi itu karena sekarang Taman Budaya Bali lebih tertata dan dipercantik. Menjadi aset tersendiri," kata Arsika ketika dijumpai beberapa waktu lalu.

Arsika juga membeberkan bahwa PKB XLV akan langsung disambung Festival Seni Bali Jani (FSBJ) V Tahun 2023. Di mana saat PKB XLV ditutup pada 16 Juni 2023, FSBJ V akan dibuka pada hari terakhir gelaran PKB tahun ini. *rat

Komentar