nusabali

Kecepatan Angin Berpotensi 40 Kilometer Per jam

  • www.nusabali.com-kecepatan-angin-berpotensi-40-kilometer-per-jam

Potensi kecepatan angin hingga 40 kilometer per jam diperkirakan terjadi di sebagian wilayah Tabanan, Klungkung, Badung, dan Karangasem. 

DENPASAR, NusaBali
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar meminta masyarakat mewaspadai potensi peningkatan kecepatan angin di Bali. Diperkirakan kecepatan angin di Pulau Dewata hingga mencapai 21 knot atau 40 kilometer per jam hingga Sabtu (20/5) besok.

“Kalau di bawah sekitar 20 knot itu masih aman,” kata Kepala Sub Koordinator Pelayanan Jasa BBMKG Wilayah III Denpasar Tirta Wijaya di Denpasar, seperti dilansir Antara, Kamis (18/5).

Berdasarkan analisis, angin diperkirakan bertiup dari arah timur-tenggara dengan cuaca secara umum diprediksi cerah berawan dan ada potensi hujan ringan tidak merata di wilayah Bali bagian tengah. Berdasarkan pengamatan peningkatan kecepatan angin terjadi di kawasan Gunung Agung di Kabupaten Karangasem pada 18 Mei 2023 diperkirakan 10-20 kilometer per jam, kemudian pada 19-20 Mei diperkirakan meningkat menjadi hingga 30 km per jam.

Sementara itu, potensi kecepatan angin hingga 40 kilometer per jam diperkirakan terjadi di Kabupaten Tabanan yakni di Kerambitan, Selemadeg.

Di Kabupaten Klungkung potensi angin kencang terjadi di Nusa Penida. 

Selanjutnya, di Kabupaten Badung terjadi di Kuta dan Kuta Selatan. Sedangkan di Kabupaten Karangasem angin kencang berpotensi terjadi di Amlapura, Abang, dan Kubu.

“Untuk di Denpasar kecepatan angin berpotensi terjadi di Denpasar Timur dan Denpasar Selatan. Kemudian di wilayah Kabupaten Jembrana kecepatan angin hingga 40 kilometer per jam diperkirakan terjadi di seluruh kecamatan yakni Melaya, Negara, Mendoyo, dan Pekutatan,” jelasnya.

Sedangkan ketinggian gelombang laut di selatan Bali diperkirakan hingga 3,5 meter, Selat Bali dan Selat Lombok hingga tiga meter. Kondisi cuaca itu, lanjut Tirta Wijaya, disebabkan oleh suhu muka laut wilayah Bali berkisar 28-30 derajat celsius. Selain itu, massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 850 milibar atau 1.500 meter.

Masih menurut Tirta Wijaya, Pusat Meteorologi Maritim BMKG menyebutkan kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar, yakni kepada perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kemudian, untuk kapal tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. 7 ant

Komentar