nusabali

Pemilihan Bendesa Adat Mengwi, Newcomer Kantongi Suara Terbanyak

  • www.nusabali.com-pemilihan-bendesa-adat-mengwi-newcomer-kantongi-suara-terbanyak

MANGUPURA, NusaBali - Tiga kandidat bertarung dalam pemilihan Bendesa Adat Mengwi yang berlangsung di Wantilan Pura Dalem, Mengwi, Kamis (18/5). Pendatang baru (newcomer) Ida Bagus Oka meraih suara terbanyak pada pemilihan tersebut. Selisih 13 suara dengan incumbent.

Pemilihan Bendesa Adat Mengwi berlangsung lancar dengan penjagaan oleh anggota Sabhara Polres Badung, dan Satpol PP Badung. Ada tiga kandidat yang bertarung yaitu, nomor urut 1 yakni I Gusti Agung Ngurah (newcomer), nomor urut 2 yakni Anak Agung Gelgel (incumbent), dan nomor urut 3 yakni Ida Bagus Oka.

“Proses pemilihan Bendesa Adat Mengwi dimulai dengan penyampaian visi dan misi calon Bendesa Adat,” kata Ketua Panitia Pemilihan I Ketut Sukada.

Sukanda melanjutkan, ada 703 orang pemilik hak suara yang merupakan karang ayah banjar dari 23 banjar adat yang ada di Desa Adat Mengwi. Dari rekap yang dilakukan panitia pemilih yang hadir sebanyak 694 orang, yang tidak hadir sebanyak 9 orang. Suara sah 688 suara, suara tidak sah 2 suara, surat suara rusak 1 suara dan surat suara hilang 3 suara.

Berdasarkan hasil perhitungan, I Gusti Agung Ngurah memperoleh 13 suara, kemudian Anak Agung Gelgel memperoleh 331 suara, dan Ida Bagus Oka memperoleh 344 suara. Dengan perolehan ini, pendatang baru Ida Bagus Oka berhasil mengalahkan calon incumbent dengan selisih 13 suara. “Astungkara proses pemilihan hingga selesainya penghitungan perolehan suara berjalan lancar, dilanjutkan dengan melaksanakan penetapan berita acara pemilihan di Kantor Desa Adat Mengwi,” kata Sukada.

Sementara itu, Perbekel Mengwi I Nyoman Suwarjana, mengatakan seluruh proses tahapan pemilihan Bendesa Adat Mengwi telah berlangsung dengan aman dan lancar. Selanjutnya dalam membangun Mengwi, pihaknya menegaskan selama ini selalu bersinergi bersama dengan desa adat dalam berbagai hal kegiatan serta program-program di Desa Mengwi. “Astungkara semua proses berjalan lancar,” sebutnya. 7 ind

Komentar