nusabali

Tantang Incumbent di Dapil Buleleng, Gung Kendran Anak Mantan Wakil Bupati Tarung ke DPRD Bali

  • www.nusabali.com-tantang-incumbent-di-dapil-buleleng-gung-kendran-anak-mantan-wakil-bupati-tarung-ke-dprd-bali

Gung Kendran mengaku dirinya besar di Buleleng, karena mengikuti ayahanda bertugas di ‘Gumi Panas’. Ayahnya, Lanang Rai pernah menjadi Camat Buleleng dan Camat Busungbiu di era 1978 -1985 silam.

DENPASAR,NusaBali
Sejumlah caleg (calon legislatif) dengan ‘nebeng’ nama besar orang tua terus bermunculan. Salah satunya Srikandi Golkar Bali, I Gusti Ayu Agung Kendran Wahyuni alias Gung Kendran, anak mantan Ketua DPD II Golkar Karangasem dan Wakil Bupati Karangasem periode 2000-2005, I Gusti Lanang Rai, tarung ke DPRD Bali melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Buleleng.

Gung Kendran saat ini menjabat sebagai Anggota Media Penggalangan Opini DPD I Golkar Bali. Dia Srikandi asal Jero Mambal, Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng. Gung Kendran masih satu desa dengan incumbent Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bali 4 periode Gede Kusumaputra.

Selain akan berhadapan dengan Kusumaputra, Gung Kendran juga harus mengatasi incumbent sesama partainya yakni Anggota DPRD Bali, Ida Gede Komang Kresna Budi, politisi asal Kelurahan Liligundi, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Kresna Budi adalah Ketua DPD II Golkar Buleleng yang notabene adik ipar dari Korwil Pemenangan Pemilu Wilayah Bali, NTB,NTT DPP Partai Golkar, Gede Sumarjaya Linggih alias Demer,

Data sementara, ada 12 bakal caleg Partai Golkar yang terdaftar untuk bertarung berebut kursi DPRD Bali di Dapil Buleleng untuk Pemilu 2024. Mereka adalah Agung Bagus Pratiksa Linggih yang notabene anak dari Demer, Ida Gede Komang Kresna Budi. Selanjutnya ada I Gede Sudjana Budhiasa, I Gusti Ayu Agung Kendran Wahyuni, I Putu Tirta Adnyana, Kadek Dwi Marta Prandika, I Ketut Agus Karmadi, I Ketut Ngurah Arya Krisna Satria Dharma, Ni Luh Putu Hendrayani, Ni Luh Tiwik Ismarheningrum yang merupakan mantan Ketua DPD II Golkar Buleleng. Kemudian ada Noor Hilyin Handayani dan I Nyoman Agus Satuhedi, mantan Caleg DPRD Bali, Dapil Denpasar di Pemilu 2019.

Dihubungi NusaBali, Selasa (16/5) siang, Gung Kendran mengatakan, tidak gentar bertarung dengan incumbent di Dapil Buleleng. Karena sudah merupakan penugasan partai untuk maju di Pemilu 2024. “Siap tidak siap, ya harus maju. Karena ini penugasan partai. Kalah menang bagi saya hal biasa. Nggak ada beban bagi saya bertarung,” ujar Gung Kendran yang baru bertarung di pemilu, setelah 15 tahun sebagai pengurus Partai Golkar di Provinsi Bali.


Gung Kendran mengaku, dirinya besar di Buleleng, karena mengikuti ayahandanya bertugas di Buleleng. Ayahnya, Lanang Rai pernah menjadi Camat Buleleng dan Camat Busungbiu di era 1978 -1985 silam. “Jadi saya masih bisa pakai jaringan Ajik (ayah,red) untuk mendulang dukungan di Buleleng,” tegasnya.

Gung Kendran mengaku tidak memiliki kekuatan finansial yang memadai. Namun tetap optimis bisa maksimal di pemilu nanti. “Ajik saya tidak pakai uang ketika maju sebagai Calon Wakil Bupati Karangasem, malah bisa menang mengalahkan incumbent yang punya uang. Jadi maju itu tidak harus diukur dengan uang,” tegasnya.

Selain Gung Kendran, sejumlah caleg yang bertarung di Pemilu 2024 dibayangi nama besar orang tua (caleg keluarga,red), ada Ni Putu Yuli Artini, incumbent DPRD Bali, Dapil Karangasem yang sudah duduk dua periode. Yuli Artini merupakan putri dari I Wayan Geredeg, Bupati Karangasem periode 2000-2005 dan 2005-2010, sekaligus mantan Ketua DPD II Golkar Karangasem.

Di Dapil Karangasem, Yuli Artini akan duel dengan dua orang caleg new comer, Putu Suryanandu Willyan Richart dari PDIP yang merupakan anak dari Gede Dana, Bupati Karangasem. Satu lagi lawannya, yakni caleg new comer sesama Partai Golkar, I Made Aditya Setiawan yang tak lain putra dari I Made Sukerana, mantan Ketua DPD II Golkar Karangasem dan Wakil Bupati Karangasem periode 2005-2010. 

Di beberapa dapil lainnya, sejumlah anak Bupati dan istri Wakil Bupati juga bertarung ke DPRD Bali. Di Dapil Gianyar, ada caleg new comer dari PDIP, Diah Pradnya Maharani yang merupakan anak Bupati Gianyar, Made Agus Mahayastra. Di Dapil Jembrana, akan turun gelanggang, I Gede Ghumi Asvatham dari Partai Demokrat yang merupakan anak Bupati Jembrana, Nengah Tamba. Ghumi akan bertempur dengan Srikandi Golkar, Inda Swari Dewi, istri dari Wakil Bupati Jembrana Gede Patriana Krisna alias Ipat yang juga diplot ke DPRD Bali dari Dapil Jembrana.n nat 

Komentar