nusabali

Barcelona Kirab Juara

  • www.nusabali.com-barcelona-kirab-juara

BARCELONA, NusaBali - Barcelona melakukan kirab pemain, Senin (15/5) waktu setempat, setelah mengunci gelar LaLiga musim 2022/2023 berkat kemenangan 4-2 atas Espanyol sehari sebelumnya.

Gelar ini terasa istimewa karena menjadi trofi LaLiga pertama sejak 2019. Uniknya para pemain Barca mengenakan kaus para pahlawan mereka dari berbagai era.  Kit retro dari tahun 1970-an, kaus Meyba yang dikaitkan dengan kaus kemenangan Piala Eropa 1992 (sekarang Liga Champions), kaus Kappa mengingatkan kembali pada kemenangan 5-0 atas Real Madrid yang dipimpin Romario dan semua yang dibuat oleh Nike dan dihiasi oleh orang-orang seperti Rivaldo, Ronaldinho, Lionel Messi, dan Robert Lewandowski.

Dikutip Tempo dari AS, nyanyian lama dan baru berkumandang di sekitar pusat kota Barcelona. Dari ‘tot guanyat, tot per guanyar’ (Anda melakukannya sekali, saatnya untuk melakukannya lagi), kembali ke tim juara 2009, hingga 'La Lliga es nostra, el futur tambè’ (LaLiga adalah milik kita, jadi ini masa depan), yang menjadi slogan musim ini.

Bukan hanya tim putra yang dipuja karena mengakhiri puasa gelar mereka selama tiga tahun. Barcelona Femeni juga ada di sana, beberapa pekan setelah merebut gelar Liga F dengan rekor sempurna dan kurang dari tiga pekan sebelum tim putri berlaga di final Liga Champions keempat mereka melawan Wolfsburg di Eindhoven, Belanda, pada 3 Juni. Mereka memenangi dua dari tiga pertandingan sebelumnya.

Kegembiraan dan permainan dimulai pada pukul 18.00 waktu setempat dengan piza sebagai makanan pilihan. Bus perlahan memulai perjalanannya melewati kerumunan besar penggemar di Les Corts, kawasan keuangan dan bisnis yang merupakan rumah bagi Camp Nou.

Suasana mulai memanas saat pawai berjalan menuju pusat kota, dengan suar, confetti, dan kegembiraan murni memenuhi udara saat bus mencapai Canaletas di bagian atas La Rambla. Para pemain, baik pria maupun wanita, menunjukkan perilaku terbaik mereka, meskipun itu tidak menghentikan mereka untuk bersenang-senang.

“Saya sangat bahagia. Saya tidak pernah mengalami hal seperti ini. Ini adalah pengalaman yang luar biasa dan saya menantikan lebih banyak lagi. Ayo, Barca!” kata bek asal Uruguay, Ronald Araujo. 

Kiper Marc-Andre ter Stegen senang dekat dengan para penggemar, sementara Robert Lewandowski tidak pernah terlalu jauh dari aksinya. Setelah tiba musim panas lalu, tidak ada keraguan bahwa pemain timnas Polandia itu telah melangkah ke papan atas. 

Di antara para pemain yang bergembira tampak gelandang Frenkie de Jong dan kapten Sergio Busquets yang akan meninggalkan Barcelona akhir musim ini. Ini pesta besar terakhirnya bersama Barca. “Saya tahu ini yang terakhir dan saya menikmatinya. Ini sangat istimewa,” ujar dia.7

Komentar