nusabali

Warga Desa Bukti Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak

  • www.nusabali.com-warga-desa-bukti-tanam-pohon-pisang-di-jalan-rusak

SINGARAJA, NusaBali - Kesal akses jalan tidak kunjung diperbaiki, warga di Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, melakukan aksi protes dengan menanam pohon pisang di jalan.

Jalan penghubung antara Desa Bukti dengan Desa Tunjung, Kecamatan Kubutambahan sepanjang sekitar 1,5 kilometer ini rusak parah. Kerusakan ini terjadi sejak lama.

Perbekel Desa Bukti Gede Wardana mengaku, tak tahu persis kapan jalan tersebut ditanami pohon pisang oleh warga. Aksi itu baru ia ketahui pada Minggu (14/5), setelah viral di sosial media. "Tidak tahu sejak kapan ditanam. Saya lihat kemarin di Facebook," ujarnya, dikonfirmasi Senin (15/5) sore.

Wardana mengungkapkan, hampir separuh badan jalan tersebut rusak parah. Atas kondisi ini pihaknya berharap pemerintah dapat segera memperbaiki jalan yang rusak tersebut. mengingat jalur itu merupakan jalan penghubung antar dua desa serta akses perekonomian masyarakat untuk mengirim hasil pertanian. 

Kata Wardana, warga sempat melakukan perbaikan secara swadaya, namun tidak bertahan lama alias rusak lagi.  Jalan yang berstatus sebagai jalan kabupaten itu pun sudah beberapa kali diusulkan perbaikannya ke Dinas PUTR Buleleng. Namun, kata Wardana, pemerintah mengaku belum bisa memperbaiki jalan tersebut, lantaran minimnya anggaran.
 
"Sudah setiap tahun kami usulkan agar diperbaiki, bahkan saat musrenbang kemarin. Usulan kami sudah direspons, namun belum bisa segera diperbaiki karena PUTR minim anggaran. Kami juga tidak bisa memperbaiki pakai dana desa, karena status jalannya itu jalan kabupaten," katanya. 7mzk

Komentar