nusabali

Desa Wisata Manistutu Dinilai Tim AWDI 2023

  • www.nusabali.com-desa-wisata-manistutu-dinilai-tim-awdi-2023
  • www.nusabali.com-desa-wisata-manistutu-dinilai-tim-awdi-2023

NEGARA, NusaBali - Desa Wisata Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana, masuk nominasi 75  besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Sebagai tindak lanjut penilaian, tim juri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melaksanakan kunjungan ke desa setempat yang dipusatkan di Camping Ground (Mantu Cager), Senin (15/5).

Kedatangan tim juri ADWI ini pun disambut langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Turut hadir dalam penilaian itu, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf, Indra Ni Tua, yang juga selaku salah satu anggota juri. Dalam acara penyambutan penilaian dari AWDI itu, tim diajak melihat berbagai potensi wisata di Manistutu. Termasuk dipamerkan sejumlah potensi UMKM mulai dari kuliner, fashion dan sejumlah produk kriya (kerajinan tangan) dari masyarakat setempat. 

Indra Ni Tua mengatakan, potensi dari Desa Wisata Manistutu ini sangat menarik sebagai destinasi wisata. Baik itu dari wisata alam, sejarah, religi maupun wisata budaya. "Ini potensi yang akan pecah nanti ketika konektivitas terhubungkan lewat jalan tol nanti. Kenapa kita katakan seperti itu? Kita belajar dari jalan tol di Jawa. Begitu terhubungkan dari ujung barat dan ujung timur, di tengah-tengah itu menjadi kebangkitan 20 juta orang wisatawan. Di sini pun begitu nanti,"  ujarnya.


Indra Ni Tua menilai persiapan sumber daya manusia (SDM) di Jembrana sudah siap untuk menyambut lonjakan wisata yang akan datang ke Jembrana. Bahkan dirinya menyatakan Desa Wisata Manistutu ini bisa menjadi salah satu Desa Wisata terbaik. "Bagusnya sumber daya manusia yang ada di sini sepertinya sudah siap. Dan melihat potensinya, saya pikir bisa berkembang dan menjadi salah satu juara," ucap Indra Ni Tua.

Sementara Bupati Tamba mengatakan, akan terus berusaha mengembangkan pariwisata di Jembrana. Tentunya dengan tujuan unuk peningkatan ekonomi masyarakat. "Destinasi ini menjadi bagian ekosistem daripada pengembangan desa wisata di Kabupaten Jembrana. Pasti bernilai jual dan membawa dampak kunjungan wisata yang berujung kepada peningkatan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Di samping itu, Bupati Tamba mengapresiasi semangat masyarakat dalam mengembangkan Desa Wisata Manistutu. Dirinya pun berharap Desa Wisata Manistutu ini bisa menjadi salah satu yang terbaik dalam AWDI tahun ini. "Saya sebagai Bupati Jembrana tentu mengharapkan yang terbaik. Namun di balik itu semua, saya sangat mengapresiasi dari semangat masyarakat di sini yang begitu besar dalam pengembangan Desa Wisata ini," pungkas Bupati Tamba. 7ode

Komentar