nusabali

Pendaftaran Bacaleg di KPU Jembrana Ditutup, 17 Parpol Ajukan 458 Bacaleg

  • www.nusabali.com-pendaftaran-bacaleg-di-kpu-jembrana-ditutup-17-parpol-ajukan-458-bacaleg

Dari 19 parpol yang ada, hanya Partai Garuda yang tidak mengajukan bacaleg untuk bertarung memperebutkan kursi dewan di Jembrana.

NEGARA, NusaBali
Pendaftaran atau pengajuan bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2024 ke KPU telah resmi ditutup per Minggu (14/5) pukul 23.59 Wita. Di Kabupaten Jembrana sendiri, ada 17 partai politik (parpol) yang telah mengajukan 458 bacaleg untuk perebutan 35 kursi DPRD Jembrana Pileg 2024 mendatang. 

Dari total 18 parpol peserta Pemilu 2024, ada salah satu parpol yang tidak mengajukan bacaleg ke KPU Jembrana. Parpol tersebut adalah Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda). Dari pihak Partai Garuda Jembrana pun menyatakan sengaja tidak mengajukan bacaleg ke KPU Jembrana karena alasan tidak ada bacaleg di partai bersangkutan. "Ya memang tidak ada bacaleg," ujar Ketua DPC Garuda Jembrana, I Putu Gede Ekayana, saat dikonfirmasi Senin (15/5).

Ekayana mengatakan, Partai Garuda Jembrana sebenarnya memiliki cukup banyak kader. Namun, Ekayana mengaku tidak ada yang siap maju sebagai bacaleg. "Tidak siap secara mental. Termasuk pertimbangan (kesiapan) finansial," ucap Ketua DPC Garuda Jembrana asal Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara ini. 

Sementara Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Jembrana I Ketut Adi Sanjaya, Senin kemarin, mengatakan, hingga penutupan pengajuan bacaleg per Minggu (14/5) pukul 23.59 Wita, tercatat ada 17 parpol yang mengajukan bacaleg ke KPU Jembrana. Total bacaleg yang diajukan mencapai sebanyak 458 orang. "Ya ada satu parpol yang tidak mengajukan bacaleg. Sebelumyna sudah ada informasi memang tidak akan mengajukan. Tetapi kami tetap tunggu sampai pukul 23.59 Wita, memang tidak ada datang," ucap Adi Sanjaya.

Menurut Adi Sanjaya, ada dua parpol yang sempat mengajukan bacaleg jelang last minute. Kedua parpol yang mendaftar pada sekitar pukul 23.00 Wita itu, adalah Partai Gelora dan Partai Buruh. Sedangkan untuk verifikasi kelengkapan dokumen pengajuan parpol yang paling terakhir, yakni Partai Gelora, juga baru rampung hingga memasuki Senin dihadiri pukul 00.30 Wita. 

Setelah pengajuan bacaleg ini, kata Adi Sanjaya, tahapan selanjutnya dilanjutkan verifikasi administrasi dokumen persyaratan bacaleg. Verifikasi administrasi berlangsung selama 40 hari dimulai per 15 Mei hingga 23 Juni mendatang. "Setelah vermin (verifikasi administrasi), nanti ada masa pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bacaleg selama 14 hari, dari 26 Juni sampai 9 Juli," ujar Adi Sanjaya. 7ode

Rincian jumlah bacaleg yang didaftarkan 17 parpol di KPU Jembrana (sesuai nomor urut parpol) :

-PKB 35 bacaleg
-Gerindra 35 bacaleg
-PDIP 35 bacaleg
-Golkar  35 bacaleg
-NasDem 35 bacaleg
-Partai Buruh 19 bacaleg
-Gelora Indonesia 14 bacaleg
-PKS 29 bacaleg
-PKN 35 bacaleg
-Hanura 14 bacaleg
-PAN 25 bacaleg
-PBB 32 bacaleg 
-Demokrat 35 bacaleg 
-PSI 35 bacaleg 
-Perindo 8 bacaleg
-PPP 35 bacaleg 
-Partai Ummat 2 bacaleg

Komentar