nusabali

Turis Mesir Digulung Ombak, Tulang Bahu Terlepas

  • www.nusabali.com-turis-mesir-digulung-ombak-tulang-bahu-terlepas

Analisa dokter, tulang bahu korban mengenai saraf sehingga harus dirujuk ke rumah sakit.

SEMARAPURA, NusaBali
Turis asal Mesir, Remon Moatamed Lewis Mossad, 29, digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (15/5) siang. Akibatnya korban mengalami cedera bahu. Korban tidak bisa ditangani di Nusa Penida sehingga dibawa berobat ke RS Gema Santi untuk rontgen. Hasilnya, tulang bahu terlepas.
 
Kapolsek Nusa Penida, Kompol Ida Bagus Putra Putra mengatakan, kejadian ini bermula saat korban tiba di Pantai Kelingking pukul 10.30 Wita. Selanjutnya korban langsung menuruni tebing dan berenang sekitar pukul 11.30 Wita. "Saat berenang di Pantai Kelingking tiba-tiba datang ombak besar sehingga korban tergulung ombak dan terhempas ke pinggir pantai," ujar Kompol Sumerta. Akibatnya korban mengalami cedera bahu, selanjutnya warga sekitar menghubungi kepolisian dan Basarnas untuk tindakan evakuasi. 

Pada pukul 15.00 Wita, korban berhasil dievakuasi melalui jalur laut selanjutnya diberangkatkan dari Pelabuhan Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida, menuju Rumah Sakit Nusa Medical (Nusa Penida). Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Gema Santi untuk rontgen. Hasil x ray korban mengalami tulang bahu terlepas.


Berdasarkan analisa dokter, tulang bahu korban yang terlepas mengenai saraf pada lengan korban sehingga korban tidak bisa penanganan di Nusa Penida dan harus dirujuk. "Namun rumah sakit tujuan rujukan belum ditentukan," ujar Kompol Sumerta.

Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida, Cakra Negara, mengatakan Basarnas Bali menggerakkan 4 personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida. Proses evakuasi melewati jalur laut dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB 02) yang berangkat dari Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida. "Kami menurunkan 3 rescuer untuk berenang ke bibir pantai karena RIB tidak bisa sandar ke bibir pantai," ujar Cakra.

Setelah berhasil menjangkau korban, tim rescue menempatkan korban di tandu spinal dan menarik menuju RIB. Koordinasi juga dilakukan dengan Polsek Nusa Penida dan rumah sakit “Proses evakuasi berjalan lancar," kata Cakra. 7 wan

Komentar