nusabali

Lomba Baleganjur TK Semarakkan Hardiknas

  • www.nusabali.com-lomba-baleganjur-tk-semarakkan-hardiknas

SEMARAPURA, NusaBali.com – Sebanyak 11 sekaa (kelompok, Red) baleganjur tingkat TK se-Kabupaten Klungkung mengikuti lomba serangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-Alun I Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung,  Senin (15/5/2023) pagi.

Para sekaa baleganjur yang mengikuti lomba tingkat kabupaten itu adalah TK Negeri Desa Pikat, TK Negeri Gema Santi, TK Negeri Desa Gelgel, TK Negeri pada UPTD SKB Klungkung, TK Negeri Pembina Kecamatan Banjarangkan, TK Negeri Pembina Kecamatan Dawan, TK Negeri Pembina Kabupaten Klungkung, TK Kumara Jaya Desa Tangkas, TK Dharmayasa, TK Saraswati, dan TK Negeri Desa Jumpai.

Penonton yang didominasi oleh orang tua siswa dari masing-masing sekolah yang ikut lomba, berjubel mulai depan panggung, hingga samping kiri dan kanan panggung.

Meskipun masih belia, para peserta tetap percaya diri memainkan alat musik baleganjur. Tak jarang, tingkah mereka yang masih lugu membuat para penonton gemas. Orang tua pun setia menunggu anaknya tampil dan sesekali mengeluarkan handphone untuk mendokumentasikan penampilan anak-anaknya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana menyampaikan ini kali pertama pihaknya menyelenggarakan lomba baleganjur tingkat TK. Ia ingin, pihaknya dapat mengembangkan potensi anak-anak sejak dini untuk melestarikan adat dan budaya Bali termasuk seni dan budaya dalam hal ini baleganjur.

“Kita harus mengembangkan prinsip muatan lokal. Baleganjur adalah model Sekaa atau grup, perlu adanya kerjasama dan pengabdian. Kalau di cari dalam pembelajaran usia dini itu adalah motorik halus dan kasar harus di tingkatkan. Itu tidak mudah dan memerlukan latihan yang serius. Kami pun bersepakat untuk melakukan gelaran ini,” terangnya saat ditemui di sela-sela kegiatan perlombaan pada Senin (15/5/2023) siang.

Foto: Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana saat ditemui di sela-sela kegiatan perlombaan pada Senin (15/5/2023) siang. -RIKHA SETYA

Lebih lanjut ia jelaskan, perlombaan baleganjur tingkat TK ini memberikan salah satu warna atau atraksi yang menarik. Sebab, jika baleganjur tingkast SD-SMA/SMK merupakan salah satu program Dinas Kebudayaan Klungkung untuk menampilkannya di gelaran AKSIKU.

“Kenapa tidak tingkat SD-SMA/SMK, karena itu kami serahkan ke Dinas Kebudayaan. Kami tujuannya untuk mendidik anak-anak TK dari usia dini,” terangnya.

Sujana tak lupa memberikan apresiasi kepada penampilan para peserta baleganjur TK. Memberikan rentang dua bulan untuk berlatih, para peserta di nilai sudah menampilkan penampilan yang terbaik.

“Mereka menyiapkan sebuah grup baleganjur untuk TK sudah sangat luar biasa, kami kasih waktu dua bulan dan mereka bisa melakukannya dengan baik,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, Juara I lomba baleganjur TK diraih oleh TK Kumara Jaya Desa Tangkas, Juara II diraih oleh TK Negeri Pembina Kecamatan Dawan, dan Juara III TK Negeri Pembina Kabupaten Klungkung. *ris

Komentar