nusabali

Maju dari Partai Golkar di Dapil Denpasar Timur, Putra Mantan Penjabat Bupati Badung Tarung Pileg 2024

  • www.nusabali.com-maju-dari-partai-golkar-di-dapil-denpasar-timur-putra-mantan-penjabat-bupati-badung-tarung-pileg-2024

DENPASAR, NusaBali - DPD II Golkar Denpasar memasang caleg-caleg kuat dari kalangan keluarga tokoh untuk mempertahankan 8 kursi DPRD Denpasar di Pemilu 2024. Salah satunya dengan mencalonkan I Gede Dwi Purnama Putra,34, putra kedua dari mantan Sekda dan Pejabat Bupati Badung I Wayan Subawa.

Dwi Purnama Putra alias Tu De Subawa masuk salah satu kandidat dari 45 bakal calon legislatif (bacaleg) yang didaftarkan DPD II Golkar ke KPU Kota Denpasar, Jalan Puputan, Niti Mandala Denpasar, Minggu (14/5)  sore. Pendaftaran 45 bacaleg Partai Golkar Denpasar dikomandani langsung Ketua DPD II I Wayan Mariyana Wandira dan Sekretaris DPD II Putu Oka Mahendra Putra.

Tu De Subawa, politisi muda yang juga fungsionaris DPD II Golkar Denpasar ini akan bertarung di daerah pemilihan Kecamatan Denpasar Timur. Dia akan maju bersaing dengan incumbent di Dapil Dentim yakni Ida Bagus Mayun, Komala Putra, politisi senior Golkar asal Desa Sumerta, Kecamatan Denpasar Timur.

Sekretaris DPD II Golkar Denpasar, Oka Mahendra  dikonfirmasi jelang pendaftaran bacaleg ke KPU Denpasar mengatakan, caleg Tu De punya peluang lolos ke DPRD Denpasar. "Dia (Tu De,red) anak seorang tokoh yakni Pak Subawa, mantan Sekda Badung dan kader senior yang duduk sebagai Anggota Dewan Pertimbangan DPD I Golkar Bali. Disamping itu latarbelakang pengusaha juga, sehingga punya kekuatan finansial. Dalam iklim politik sekarang ini, omong kosong kita bisa tarung kalau tanpa kekuatan finansial," ujar Oka Mahendra..


Oka Mahendra menyebutkan, dengan masuknya Tu De sebagai Bacaleg di Dentim, Partai Golkar berharap bisa mempertahankan 8 kursi DPRD Denpasar yang direbut di Pileg 2019 lalu.Hasil Pileg 2019, Golkar merebut 8 kursi yang tersebar di 4 kecamatan dengan rincian, Kecamatan Denpasar Barat I (1 kursi), Denpasar Barat II (1 kursi), Denpasar Utara (2 kursi), Denpasar Selatan (2 kursi) dan Denpasar Timur (2 kursi).

Untuk di Dapil Dentim, kata Oka Mahendra, Partai Golkar pada Pileg 2019 meloloskan Ida Bagus Mayun Komala Putra dan Putu Metta Dewinta Wandy. Namun untuk Pileg 2024, Metta tidak maju lagi  sebagai caleg. "Di Dentim hanya satu incumbent yang maju, yakni Gus Mayun," ujar putra dari tokoh Golkar Bali, I Ketut Suwandhi ini.

Sementara Tu De Subawa dalam keterangan tertulis usai pendaftaran Bacaleg Partai Golkar ke KPU Denpasar mengatakan, dirinya bertarung di Pileg 2024 atas dorongan dan aspirasi masyarakat di akar rumput. "Masyarakat di akar rumput memberikan dukungan kepada kita untuk maju di DPRD Denpasar," ujar anak muda kelahiran Banjar Taman Yangbatu, Desa Dangin Puri Kelod, Dentim, yang juga pengusaha ini.

Saat  bergabung dalam pendaftaran kemarin, Tu De Subawa didampingi para relawan Yangbatu Family. Tu De Subawa menegaskan ada beberapa hal yang menjadi fokus perjuangannya di dewan nanti. Mulai persoalan infrastruktur, kondisi lalulintas dan tata kota. "Perjuangan ini melalui pengawalan program di pemerintah, dengan tiga fungsi pokok anggota dewan yakni fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Kita memberikan masukan kepada pemerintah yang bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Tu De Subawa.n Nat

Komentar