nusabali

Undiksha Komitmen Dukung Keberlanjutan Merdeka Belajar

  • www.nusabali.com-undiksha-komitmen-dukung-keberlanjutan-merdeka-belajar

SINGARAJA, NusaBali - Semarak Bulan Merdeka Belajar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar ‘Jalan Sehat’ yang digelar serempak di seluruh Provinsi.

Salah satunya digelar di Kampus Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja pada Minggu (14/5). Rektor Undiksha, Prof Dr I Wayan Lasmawan, M.Pd mengatakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sudah dilakukan Undiksha sejak awal di-launching oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Implementasi program nasional tersebut akan terus dimaksimalkan dan dikuatkan oleh Undiksha. Bahkan Undiksha menargetkan untuk melaksanakan MBKM Mandiri.

Pelaksanaan program MBKM dinilai telah memberikan kontribusi dalam peningkatan kompetensi mahasiswa dan dinilai akan memperkuat keberterimaan lulusan Undiksha di masyarakat. Hal ini menjadi dasar bagi Undiksha untuk mendukung penuh pelaksanaan MBKM ke depan.

Rektor Prof. Lasmawan melalui kesempatan ini mengajak seluruh civitas akademika untuk semakin menyemarakkan serta mengaktualisasikan Merdeka Belajar yang didukung dengan program-program yang telah dirancang oleh Lembaga. Keberlanjutan program ini diharapkan bisa terjamin dan digaransi oleh masing-masing fakultas. Program ini sebagai akselerasi pencapaian pendidikan yang bermutu.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, menyampaikan bahwa Kemendikbudristek telah menerbitkan 24 episode Merdeka Belajar yang tujuannya untuk menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas bagi  peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Ia mengimbau seluruh insan dan elemen pendidikan dan kebudayaan untuk bergerak bersama wujudkan Merdeka Belajar.

“Kita masih punya tugas yang sangat banyak untuk memastikan kebijakan Merdeka Belajar bisa berlanjut dan berkesinambungan serta memberikan layanan pendidikan yang lebih baik lagi kepada masyarakat,” tutur Suharti saat mengikuti jalan sehat yang digelar Kemendikbudristek.

Suharti juga mengimbau agar jalan sehat ini bisa menjadi kebiasan para pegawai Kemendikbudristek. “Jalan Sehat ini tidak hanya hari ini, tetapi perlu menjadi kebiasaan kita untuk beraktivitas dan berolahraga. Manfaatkan semua fasilitas olah raga yang ada supaya sehat, supaya bisa bekerja dengan lebih semangat,” kata Suharti. 7

Komentar