nusabali

Wisatawan ke Pantai Kuta Kian Membludak

  • www.nusabali.com-wisatawan-ke-pantai-kuta-kian-membludak

MANGUPURA, NusaBali - Dalam kurun waktu tiga hari belakangan ini, kunjungan wisatawan ke Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, terus mengalami peningkatan.

Kunjungan wisatawan ke objek wisata yang terkenal dengan pantai dan deburan ombaknya, didominasi wisatawan domestik (wisdom). Guna mengantisipasi berbagai kejadian yang tidak diinginkan, Satgas Pantai semakin memperketat pengawasan.

Satgas Pantai Kuta I Made Oka, mengakui peningkatan aktivitas kunjungan di Pantai Kuta. Menurut Oka, peningkatan sudah terlihat dalam tiga hari ini. Wisatawan membludak, kata dia, didominasi wisdom. “Kalau kunjungan ke Pantai Kuta memang mulai membludak. Sudah tiga hari ini cukup padat di Pantai Kuta,” katanya, Minggu (14/5).

Dia mengaku, peningkatan kunjungan disebabkan berbagai faktor. Salah satunya libur sekolah, sehingga banyak pelajar jauh-jauh datang dari Pulau Jawa untuk berlibur ke Pulau Dewata.


Dengan adanya peningkatan itu, Oka menegaskan juga semakin meningkatkan kesiapsiagaan di sepanjang bibir pantai. “Meski dominan wisdom, banyak juga wisatawan asing yang berkunjung. Tentunya kami terus melakukan pemantauan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” tegas Oka yang juga Komandan Regu IV Satgas Pantai Kuta ini.

Bersamaan dengan membludaknya kunjungan, lanjut Oka, pengawasan yang dilakukan dengan mengerahkan 8-9 personel dalam satu regu. Personel ini disebar dari utara hingga selatan. Personel dikerahkan dan berjaga selama 24 jam di sepanjang bibir pantai. “Jadi tim ini terus patroli,” paparnya.

Sementara, dari data perlintasan wisatawan melalui Bandara Ngurah Rai, pada periode bulan April, tercatat sebanyak 1.619.715 pelaku perjalanan udara baik dalam negeri maupun luar negeri. Adapun rinciannya sebanyak 732.517 penumpang domestik, dengan rincian masing-masing 350.368 penumpang datang dan 353,536 penumpang berangkat. Sementara, untuk rute internasional tercatat ada 887.198 penumpang. dengan rincian 403.191 penumpang datang dan 404.677 penumpang berangkat. 

Disisi lain, pergerakan wisatawan asing yang datang ke Pulau Dewata yang paling banyak dari Australia. Berdasarkan catatan Kantor Imigrasi Khusus Kelas I TPI Ngurah Rai, terdapat 106.820 WNA Australia yang datang, kemudian wisatawan asal India sebanyak 36.278 orang, dan posisi ketiga China sebanyak 25.383 orang. 7 dar

Komentar