nusabali

Waspada Gelombang 3,5 Meter di Selat Bali dan Lombok

  • www.nusabali.com-waspada-gelombang-35-meter-di-selat-bali-dan-lombok

DENPASAR, NusaBali - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, mengimbau masyarakat untuk waspada saat akan beraktivitas di laut.

BBMKG memprediksi tinggi gelombang di Selat Bali dan Selat Lombok mencapai 3,5 meter, berlaku pada 14-16 Mei 2023.

“Kami imbau agar memperhatikan peringatan dini cuaca dan iklim ekstrem,” kata Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, seperti dilansir Antara, Minggu (14/5).

Berdasarkan prakiraan, jelas Cahyo, angin bertiup dari timur-selatan dengan kecepatan hingga 36 kilometer per jam dengan cuaca secara umum cerah berawan. Kemudian dari pengamatan, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali diperkirakan mencapai hingga 2 meter, perairan selatan Bali diperkirakan hingga 4 meter, Selat Bali dan Selat Lombok hingga 3 meter.

Masih menurut Cahyo, kondisi cuaca tersebut disebabkan oleh suhu muka laut berkisar 26-31 derajat celsius yang dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa uap air. Selain itu massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 850 milibar atau 1.500 meter.

Sementara itu, perairan lain di Bali hingga 17 Mei 2023 diperkirakan memiliki tinggi gelombang laut sedang yakni hingga 2,5 meter, di antaranya di Selat Badung yang merupakan jalur wisata bahari, nelayan, dan penyeberangan Sanur-Nusa Penida.

Selanjutnya, laut Bali diperkirakan memiliki ketinggian gelombang hingga 2,5 meter dan Samudera Hindia selatan Bali juga diperkirakan 2,5 meter.
Ada pun kecepatan angin diperkirakan hingga 25 knot atau sekitar 46 kilometer per jam yang bertiup dari arah tenggara-selatan.

Berdasarkan data Pusat Meteorologi Maritim BMKG, kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar yakni kepada perahu nelayan, apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang, apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Sedangkan kapal feri, apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. 7 ant

Komentar