nusabali

Siapkan Bacaleg Perempuan dan Milenial, Partai Demokrat Targetkan Isi Setiap Dapil

  • www.nusabali.com-siapkan-bacaleg-perempuan-dan-milenial-partai-demokrat-targetkan-isi-setiap-dapil

DENPASAR, NusaBali.com – DPD Partai Demokrat daftarkan 55 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2024 yang diterima langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan pada Minggu (14/5/2023) siang.

Kedatangan rombogan itu dipimpin langsung oleh Ketua DPD Demokrat Bali, I Made Mudarta bersama jajaran pengurus serta perwakilan Bacaleg yang akan berkompetisi di Pemilu 2024 mendatang.

Ketua DPD Demokrat Bali, I Made Mudarta menerangkan alasan pihaknya mendaftarkan bakal calon pada hari ini, agar sesuai dengan nomor urut Partai Demokrat. Ia juga percaya bahwa hari ini merupakan hari terbaik yang nantinya bisa membawa Partai Demokrat seiring berjalannya pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Lebih lanjut ia katakan, pihaknya mendaftarkan 55 Bacaleg dan 9 dapil sudah terpenuhi seluruhnya. Termasuk kuota perempuan berjumlah 21 yang setara dengan 38 persen. Sehingga ia mengaku, kuota perempuan di Partai Demokrat sangat tinggi.

Sementara, pihaknya juga turut merekrut Bacaleg yang mayoritas dari kelompok milenial yang setara dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

“Semoga ini berdampak bagus mengingat para pemilih saat ini lebih banyak dari kaum milenial yang diperkirakan di atas 50 persen. Sehingga ini menjadi keutaman kami untuk merebut lagi masa kejayaan di tahun 2009 lalu,” terang I Made Mudarta di KPU Provinsi Bali, Jalan Tjok Agung Tresna Denpasar pada Minggu (14/5/2023) siang.

Mudarta pun optimis Partai Demokrat bisa kembali merebut masa kejayaan dan bisa berada kembali di posisi atas. Ia menyebutkan sesuai data bahwa setiap masa akan mengalami ups and downs. Sebab, di tahun 2009, Partai Demokrat mengisi sebanyak 10 kursi DPRD di Bali, sedangkan tahun 2015 mengisi 7 kursi, dan selanjutnya diungkapkan Mudarta terus menurun.
 
“Kalau target, kami berharap setiap dapil diisi oleh setiap satu perwakilan, ini target minimun, namun mudah-mudahan bisa lebih. Para Bacaleg sudah melakukan kerja maksimum untuk berkomunikasi dengan masyarakat agar mereka mampu memberikan dukungan, kembali bersimpati,” terangnya.

Ia pun menerangkan, selama 10 tahun Kader Utama Partai Demokrat yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), capain ekonomi di Bali meningkat. Lanjut dia, hal ini disebabkan karena SBY sangat sayang dengan Bali, sehingga seluruh event berskala dunia di gelar di Bali.

“Hari ini pasca pandemi Covid-19, memang ekonomi agak lesu. Masyarakat Bali berharap semua event berskala dunia di gelar di Bali sehingga perekonomian di Bali kembali pulih seperti semasa SBY memimpin,” harapnya.


Dari pantauan NusaBali.com, kedatangan rombongan ‘Partai Biru’ ini diantar oleh 2 Reog Ponorogo dan baleganjur. Berbagai atraksi budaya asal Jawa Timur itu pun di tampilkan di halaman KPU Provinsi Bali sebelum DPD Demokrat menyerahkan berkas pendaftaran.
Mudarta menerangkan, kesenian ini diambil sesuai dengan filosofi lama dari cerita peperangan terbesar Mahabharata.

“Cerita Mahabharata, ada Panca Pandawa walaupun pasukannya sedikit tetapi di situ ada simbol Dewa Krishna yang mengatur strategi, karena Dewa Krishna adalah titisan dari Dewa Wisnu yang memberikan kesejahteraan. Karena ada Dewa Krishna yang simbolnya burung merak, sehingga kami ambil Reog itu karena ada simbol burung meraknya.”

“Sehingga lawan-lawan (parpol lain) tidak bisa ‘ngantem’ kami karena salah fokus, sebab mata dari merak itu ada dimana-mana. Kira-kira begitu, itu adalah strategi pertempuran, maka dari itu kami hadirkan Krishna, Srikandi, dan Reog,” pungkasnya. *ris


Komentar