nusabali

3 Desa Wisata Bakal Dinilai Tim ADWI Kemenparkeraf

  • www.nusabali.com-3-desa-wisata-bakal-dinilai-tim-adwi-kemenparkeraf

DENPASAR, NusaBali - Tiga desa wisata di Bali yang masuk dalam 75 besar sebagai nominasi penerima Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 segera dinilai. Penilaian langsung dilakukan oleh Tim ADWI Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkeraf) dan juri.

Ketiga desa wisata yang masuk nominasi peraih ADWI, yakni Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Desa Wisata Kenderan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, dan Desa Wisata Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

Tim ADWI Kemenparkeraf rencana mulai melakukan penilaian pada 13-16 Mei 2023. Kabid Destinasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Bagus Adi Laksana atau Gus Adi, memastikan kedatangan Tim ADWI Kemenparkeraf dalam rangka Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. “Iya, tiyang (saya) juga sudah dapat konfirmasi,” ujarnya, Jumat (12/5).

Sayangnya, Gus Adi tidak banyak memberi penjelasan terkait kedatangan Tim ADWI Kemenparkeraf tersebut. Walau begitu, dia memastikan Diparda Bali akan ikut mendampingi saat tim tiba. “Tentunya bersama kabupaten/kota,” ujarnya.

Sehubungan dengan ADWI 2023, lanjut Gus Adi, telah dilakukan pembinaan, khususnya terhadap 3 desa wisata yang masuk 75 besar sebagai nominasi penerima ADWI 2023. “Tapi tentu tidak hanya kepada 3 desa wisata yang masuk nominasi saja, kepada desa wisata yang lain pun dilakukan pembinaan, karena desa wisata merupakan salah satu potensi pariwisata Bali,” katanya.

Sebelumnya Gus Adi menyampaikan lomba ADWI dilaksanakan Kemenparkeraf dengan tujuan menggali potensi desa wisata. Tahun 2023, ADWI diikuti 4.537 desa wisata. Dari Bali sebanyak 70 desa wisata dari kabupaten/kota yang ikut. Dari 70 desa wisata tersebut, 3 desa wisata yang lolos 75 besar, yakni Desa Wisata Manistutu, Desa Wisata Kenderan, dan Desa Wisata Serangan. 7 K17

Komentar