nusabali

Badung Fasilitasi Petani Tingkatkan Kualitas Produk

  • www.nusabali.com-badung-fasilitasi-petani-tingkatkan-kualitas-produk

MANGUPURA, NusaBali - Kendala pemasaran hasil pertanian kerap menjadi permasalahan klasik yang dialami para petani. Untuk itu, pemerintah Kabupaten Badung memfasilitasi para petani untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk dengan pendampingan oleh penyuluh pertanian.

“Aspek kualitas dan kualitas dan ini penting sekali yang dapat dijaga dengan cara dilakukan pendampingan dari penyuluh pertanian agar apa yang menjadi harapan pembeli dalam mendapatkan produk berkualitas yang berkelanjutan bisa kami wujudkan,” ujar Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, saat Temu Usaha antara HIPMI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Badung dan Petani/Pelaku Usaha Pengolahan Pangan di Badung di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, seperti dilansir Antara, Jumat (12/5).

Adi Arnawa mengatakan, selain berupaya menjaga kualitas dan kuantitas produk pertanian, pihaknya juga meminta jajaran Dinas Pertanian dan Pangan untuk memfasilitasi bertemunya petani dengan pembeli terkait dengan adanya permasalahan pemasaran hasil produksi pertanian para petani Badung. “Seperti menyangkut masalah rutinitas produksinya, kualitas produksinya itu harus bisa dijaga dan difasilitasi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, sehingga benar-benar menjaga aspek kontinuitas,” kata dia.

Adi Arnawa menjelaskan Pemkab Badung sudah mendorong melalui Perumda Pasar dan Pangan bertugas membeli produksi petani, sehingga dipastikan hasil produksi petani dibeli oleh Perumda Pasar dengan grade yang jelas A, B dan C.

Menurutnya dari situ nantinya pembeli tidak perlu datang ke petani. Selain itu Perumda Pasar akan diupayakan dapat menjadi seperti loka pasar agar pembeli cukup datang di situ untuk membeli produk pertanian. “Di satu sisi petani mendapat kepastian pembayarannya karena hasilnya dibeli oleh perumda pasar dan di pihak buyer ada kepastian dari sisi kontinuitas, kualitas dan kuantitasnya,” kata Adi Arnawa.

Sementara itu Kadis Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana, mengatakan dengan kondisi geografis Kabupaten Badung yang nyegara gunung, sangat mendukung untuk pengembangan potensi pertanian dalam arti luas. “Tentunya ini memiliki peluang pasar yang sangat besar yang perlu digarap dengan serius, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani di Badung,” katanya. 7 ant, ind

Komentar