nusabali

KSOP Benoa Minta Operator Kapal Tak Nekat Berlayar saat Cuaca Buruk

  • www.nusabali.com-ksop-benoa-minta-operator-kapal-tak-nekat-berlayar-saat-cuaca-buruk

DENPASAR, NusaBali - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Benoa, meminta operator kapal yang melayani penyeberangan Sanur – Nusa Penida untuk tidak nekat berlayar saat cuaca buruk.

“Jangan memaksa memberangkatkan kapal bila cuaca kurang bagus,” kata Kepala Seksi Keamanan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli (KBPP) KSOP Benoa Bali Ketut Mulyana, di Denpasar, Jumat (12/5/2023).

Dia meminta operator kapal untuk selalu memperhatikan informasi perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pihaknya juga mengimbau kepada calon penumpang untuk tidak memaksakan diri berangkat naik kapal jika cuaca kurang bagus.

KSOP Benoa memastikan seluruh kapal yang melayani penyeberangan Sanur di Denpasar menuju Pulau Nusa Penida di Kabupaten Klungkung, sudah menjalani uji petik. 

Uji petik terakhir dilakukan menjelang angkutan Lebaran 2023.
Berdasarkan informasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, uji petik merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai persiapan menghadapi lonjakan penumpang saat libur panjang atau kondisi tertentu.

Ada pun pemeriksaan uji petik itu di antaranya pemeriksaan sertifikat dan dokumen di atas kapal, pemeriksaan bidang status hukum kapal, dan keselamatan kapal.

Selain itu, pemeriksaan manajemen keselamatan kapal, pencegahan pencemaran dan pengawakan kapal, pengujian beberapa alat keselamatan kapal.
Dia memastikan seluruh armada kapal cepat sebanyak 64 kapal yang melayani Sanur – Nusa Penida sudah dilengkapi alat keselamatan.

“Sebelum surat persetujuan berlayar diterbitkan, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan dokumen kapal dan melakukan pengawasan penumpang yang naik ke kapal,” imbuh Mulyana.

Sementara itu, BMKG Wilayah III Denpasar meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi tinggi gelombang laut hingga enam meter di perairan Bali pada 12 – 14 Mei 2023.

Berdasarkan data BMKG, perairan Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan diperkirakan memiliki potensi gelombang laut mencapai 2,5 – 4 meter dengan kategori tinggi.

Ada pun kecepatan angin diperkirakan mencapai hingga 20 knot yang bertiup dari timur – tenggara.

Jalur penyeberangan Sanur – Nusa Penida berada di sekitar perairan Selat Badung.

Berdasarkan data Pusat Meteorologi Maritim BMKG, kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar yakni kepada perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Selanjutnya, kapal ukuran besar seperti kargo atau kapal pesiar apabila kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas empat meter. 7 ant

Komentar