nusabali

PDIP Show of Force

Pendaftaran Bacaleg Serentak dengan Aksi Parade Budaya

  • www.nusabali.com-pdip-show-of-force
  • www.nusabali.com-pdip-show-of-force
  • www.nusabali.com-pdip-show-of-force

Selama proses pemeriksaan berkas atau dokumen pengajuan bacaleg, ditampilkan penari joged. Sedana Arta yang juga Bupati Bangli pun sempat ngibing penari Joged.

SEMARAPURA, NusaBali
Sesuai rencana, PDI Perjuangan show of force dalam pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota ke KPU pada Kamis (11/5) pagi. Pendaftaran bacaleg tidak menunjukan kompetisi politik, namun lebih ke nuansa ‘bergembira’ dengan long march serta diiringi parade seni dan budaya.

Dipantau petugas kepolisian, DPC PDIP Klungkung daftarkan nama-nama bacaleg dengan long march dari perempatan Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, pukul 08.00 Wita. Ketua DPC PDIP Klungkung Anak Agung Gde Anom didampingi para incumbent dan caleg new comer, berjalan kaki sejauh 1 kilometer menuju Kantor KPU Klungkung, di Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Selain membentangkan spanduk juga ada tabuh baleganjur dan Penari Hanoman. Rombongan langsung diterima oleh Ketua KPU Klungkung I Gusti Lanang Mega Saskara.

Gung Anom mengatakan DPC PDIP Klungkung mendaftarkan 30 bacaleg, yang akan bertarung di 4 dapil di Kabupaten Klungkung. Untuk Dapil Klungkung I (Kecamatan Klungkung sebanyak 9 calon), Klungkung II (Kecamatan Dawan) 6 calon, Klungkung III (Kecamatan Nusa Penida) sebanyak 9 calon, Dapil Klungkung IV (Kecamatan Banjarangkan) 6 calon. "Untuk kuota perempuan kami sudah 33 persen. Kami menargetkan kembali menang dalam Pemilu 2024," tegas Gung Anom.

Foto: Sang Nyoman Sedana Arta saat ngibing di Halaman Kantor KPU Bangli, Kamis (11/5). -EKA SRI

Sementara di Bangli, PDIP  menjadi parpol yang pertama mengajukan bacaleg Kamis kemarin. Pendaftaran diikuti berbagai komunitas/lapisan masyarakat di Bangli.  Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta bersama rombongan menuju Kantor KPU Bangli dengan berjalan kaki. 

Barisan paling depan pembawa bendera Merah Putih dan Garuda, diikuti pembawa bendera partai, disusul para seniman, seperti penari baris hingga Joged Bumbung. Kedatangan rombongan diterima oleh Ketua KPU Bangli, Putu Gede Pertama Pujawan serta komisioner lainnya.  Selama proses pemeriksaan berkas atau dokumen pengajuan bacaleg, ditampilkan penari Joged Bumbung. Sedana Arta yang juga Bupati Bangli pun sempat ngibing. 

Sedana Arta mengatakan, pendaftaran bacaleg dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk pendaftaran juga distandarkan, yakni ada pasukan Paskibraka membawa bendera merah putih, diikuti seluruh komunitas yang ada di Kabupaten Bangli. "Dukungan masyarakat sangat luar biasa. Kita basis di semua komunitas dan itu mencerminkan itulah Kabupaten Bangli," ujar Bupati Bangli ini.

Sementara di Jembrana, pendaftaran bacaleg PDIP juga diwarnai aksi long march bercampur parade budaya. Ada kesenian rindik, baleganjur, dan hadrah. Aksi long march yang juga diikuti ratusan simpatisan PDIP ini, menempuh jarak kurang lebih 1 kilometer, berawal dari Kantor DPC PDIP Jembrana, Jalan Ngurah Rai, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana ke Kantor KPU Jembrana, Jalan Udayana, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara.

Foto: Ketua dan para Komisioner KPU Jembrana saat menyerahkan berita acara penerimaan pendaftaran bacaleg dari PDIP Jembrana di Kantor KPU Jembrana, Kamis (11/5). -IB DIWANGKARA

Sekretaris DPC PDIP Jembrana Ni Made Sutharmi mengatakan, bacaleg kabupaten yang diusulkan oleh PDIP  sudah sesuai dengan jumlah alokasi kursi. Untuk di DPRD Jembrana, diusulkan 35 orang bacaleg yang tersebar di 5 Dapil. Begitu juga untuk persyaratan kuota perempuan di tiap dapil, sudah terpenuhi sesuai dengan Peraturan KPU (PKU) RI Nomor 10 tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. "Jumlah (kuota perempuan) sudah sesuai dengan PKPU yang berlaku," ujarnya.

Menurut Sri Sutharmi, dari jumlah 35 bacaleg kabupaten yang diusulkan PDIP, sebanyak 17 orang merupakan incumbent. "Dari 18 incumbent, 17 kembali diusulkan," ucap srikandi PDIP yang juga Ketua DPRD Jembrana ini.

Mengenai target di Pileg 2024 nanti, Sri Sutharmi mengatakan, tetap pasang target bertahan 18 kursi dari 35 kursi di DPRD Jembrana. Termasuk ditargetkan bisa mempertahankan 2 kursi dari 4 kursi DPRD Bali di Dapil Jembrana. "Kalau bisa nambah kursi, astungkara (semoga terjadi atas kehendak Tuhan)," ucap Srikandi PDIP  asal Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo ini. 

Sementara, pendaftaran Bacaleg DPRD Bali dipimpin langsung Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster ke Kantor KPU Bali, Jalan Cokorda Agung Tresna, Niti Mandala Denpasar. Di sela-sela pendaftaran bacaleg, Koster mengatakan PDIP melaksanakan pendaftaran serentak sebagai bentuk soliditas kader partai. “Hari ini (kemarin,red) dilaksanakan pendaftaran serentak karena merupakan hari baik, dan dilaksanakan parade seni dan budaya,” ujar politisi asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng yang juga Gubernur Bali ini. wan, esa, ode, nat 

Komentar