nusabali

Ayah-Anak ‘Tarung’ Rebut Kursi DPRD Tabanan

  • www.nusabali.com-ayah-anak-tarung-rebut-kursi-dprd-tabanan

TABANAN, NusaBali - DPC PDIP Tabanan resmi mendaftarkan 40 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke KPU Tabanan, Kamis (11/5). Dari 40 Bacaleg tersebut 26 orang adalah petahana alias incumbent dan 14 new comer (pendatang baru).

Sedangkan caleg perempuan diterjunkan sebanyak 13 orang. Dari total Caleg tersebut terdapat ayah dan anak yang sama-sama tarung ke DPRD Tabanan. Mereka adalah Nyoman Arnawa (Sekretaris DPC PDIP Tabanan) dan anaknya Ni Putu Ayu Leni Cahyarini. 

Namun mereka bertarung dari daerah pemilihan (Dapil) berbeda. Nyoman Arnawa maju lewat Dapil III (Penebel-Baturiti) merupakan Caleg incumbent dan sang anak Ayu Leni Cahyarini dari Dapil IV (Kediri-Marga) merupakan caleg pendatang baru (new comer). Arnawa membenarkan anaknya ikut tarung di Pemilu 2024. 

Putu Leni tarung karena dicalonkan oleh pengurus partai dan tokoh di Kecamatan Kediri. Kebetulan di PAC Kecamatan Kediri Putu Leni menjadi pengurus, yakni sebagai Wakil Ketua PAC PDIP Kediri. "Dia (Putu Leni) sudah lepas dari saya, kemudian dicalonkan oleh pengurus dan tokoh partai, ya sudah jalan," jelas Nyoman Arnawa. Sebagai orangtua, dia pun merestui keputusan tersebut dan berpesan maju ke Pileg 2024 harus dengan cara yang benar, bisa menjaga nama baik dan marwah partai. Terpenting maju secara serius. 

"Saya merestui sebagai orangtua, maju dengan cara benar dan serius," tegas politisi PDIP asal Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Tabanan ini. Sementara itu Ketua DPC PDIP Tabanan, I Komang Gede Sanjaya yang memimpin pendaftaran calon menarget raihan kursi di DPRD Tabanan sapu bersih. "Namanya target ya ke 40 kursi terisi, namanya juga target sapu bersih," ujarnya usai pendaftaran. Kata dia, 40 bakal caleg yang telah didaftarkan tersebut hampir setiap 5 tahun ada regenerasi. Sebab wajah baru yang ditampilkan sudah sesuai dengan mekanisme dan kompetensi. "Hampir setiap dapil ada wajah baru," tegasnya. 

Sementara mengenai kemenangan Capres Ganjar Pranowo di Tabanan, tiga pilar (eksekutif, legislatif dan partai) harus bekerja keras. Ditargetkan kemenangan Ganjar di Tabanan mencapai 90 persen. "Mesin partai untuk kemenangan Ganjar jalan terus dan sudah standby. Begitu ditugaskan sudah siap," tegasnya. 

Pendaftaran Caleg yang dilaksanakan PDIP kemarin seluruh pengurus terlibat. Mulai dari Wakil Ketua DPC PDIP Tabanan I Made Edi Wirawan, Sekretaris DPC PDIP Tabanan I Nyoman Arnawa, Bendahara DPC PDIP Tabanan Anak Agung Darma Putra serta pengurus lainnya. Pendaftaran yang dilakukan mulai pukul 08.00 Wita dikemas dalam konsep budaya diiringi tabuh gamelan baleganjur dan kesenian Okokan. Sekitar 250 massa termasuk para caleg ikuti pendaftaran tersebut. Mereka long march alias berjalan kaku dari titik kumpul Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta menuju KPU Tabanan kurang lebih sejauh 1 kilometer. 7 des

Komentar