nusabali

Harga Cabai Besar Menurun Drastis

  • www.nusabali.com-harga-cabai-besar-menurun-drastis

Harga cabai besar anjlok. Jika sebelumnya seharga Rp 18.000 per kilogram, kini harga cabai merah besar di tingkat petani hanya Rp 8.000 per kg.

BANGLI, NusaBali
Menurunya harga cabai lantaran panen bersamaan di beberapa tempat. Salah seorang petani cabai, Ketut Lana mengatakan sejak memasuki bulan puasa harga cabai mengalami penurunan drastis. "Kini harga cabai hanya berkisar Rp 8.000 hingga Rp 9.000 per kilogram,” ucapnya, Sabtu (10/6).

Bahkan pekan sebelumnya harga cabai besar di tingkat petani sempat Rp 5.000 per kilogram. “Harga turun karena permintaan menurun drastis. Sementara itu panen terjadi hampir bersamaan di beberapa tempat,” imbuh pria asal Desa Songan, ini.

Menurutnya, belakangan ini banyak lahan di perkotaan maupun tanah sawah yang ditanami cabai. Kebetulan masa panennya hampir bersamaan. Kondisi inilah yang diduga turut mempengaruhi harga menjadi murah, kendati tidak ada pasokan dari luar Bali. 

Sementara itu Kepala UPT Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Kecamatan Kintamani Wayan Darmayudha menambahkan meski tidak ada cabai besar yang dipasok dari luar Bangli, namun harganya di tingkat petani cukup murah.

“Di tingkat petani harga cabai merah besar berkisar Rp 4.000 sampai Rp 5.000 per kilogram. Di pasar barulah harganya Rp 8.000 per kilogram,” ungkapnya. Sedangkan cabai merah kecil harganya masih Rp 35.000 per kilogram dan cabe hijau kecil Rp 16.000 per kilogram. *e

Komentar