nusabali

Event dan Libur Sekolah Dongkrak Jumlah Wisatawan

  • www.nusabali.com-event-dan-libur-sekolah-dongkrak-jumlah-wisatawan

DENPASAR, NusaBali - Rentetan penyelenggaraan event-event (calender of event / COE) dan libur panjang  sekolah yang akan tiba, diyakini mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bali. Saat ini kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) antara 15 ribu-16 ribu per hari. Sedangkan wisman sekitar 12 ribu per hari.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bali, Ida Ayu Indah Yustikarini, mengatakan Rabu(10/5).

“Kita ‘kan  di Bali  ada  di event-event di kabupaten/kota ,” ucapnya menyebut beberapa kegiatan event budaya pariwisata.

Diantaranya Nusa Penida Festival di Kabupaten Klungkung, Pemutaran Festival di Buleleng dan tentu saja Pesta Kesenian Bali (PKB) ke -45, yang rencananya mulai 18 Juni sampai dengan 16 Juli.

“Terutama itu akan menggenjot wisatawan domestik,” ujarnya.

Apalagi, kegiatan seni  budaya tahunan yang dilaksanakan di Taman Budaya atau Art Center, Denpasar, berlangsung pada masa libur panjang sekolah.

Kata dia, wisdom terutama kalangan siswa  dominan  akan berwisata ke Bali, sebagaimana pada PKB-PKB tahun- tahun sebelumnya.

Menurutnya melalui COE  itulah, juga merupakan salah satu bentuk promosi  pariwisata Bali. “Yakin meningkat,” ujarnya.

Untuk diketahui calender of event untuk tahun 2023 baru tercatat 66. Dari 66 event tersebut, 51 event budaya, 13 event minat khusus atau sport dan 2 event MICE (meeting, incentive convention dan exhibition).

Calender of Event tersebut diluncurkan 4 bulan lalu  bertempat Dinas Pariwisata Bali.  Peluncuran  calender of event oleh Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjokorda Bagus Pemayun dan dihadiri  kalangan industri dan asosiasi pariwisata.  K17.

Komentar