nusabali

Puncak Karya Agung di Pura Dalem Manik Penataran Agung Lemintang, Walikota Ngayah Nopeng Arsa Wijaya

  • www.nusabali.com-puncak-karya-agung-di-pura-dalem-manik-penataran-agung-lemintang-walikota-ngayah-nopeng-arsa-wijaya

DENPASAR, NusaBali - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Karya Agung Malik Sumpah, Tabuh Gentuh, Mupuk Pedagingan, Ngenteg Linggih, dan Padudusan Agung di Pura Dalem Manik Penataran Agung, Pura Dalem Kahyangan, dan Pura Taman Beji Lemintang, Banjar Lumintang, Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara pada Buda Umanis Dukut, Rabu (10/5).

Pada puncak karya tersebut, Walikota Jaya Negara turut ngayah masolah Topeng Dalem Arsa Wijaya.

Seluruh rangkaian upacara diakhiri dengan persembahyangan bersama yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putu Kediri, Ida Pedanda Wayahan Wanasari, dan Ida Pedanda Budha Istri, Griya Alangkadjeng Nongan. Hadir pula Ketua Komisi I DPRD Denpasar I Ketut Suteja Kumara, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Antara, dan Camat Denpasar Utara I Wayan Yusswara.

Manggala Karya Jro Mangku Ketut Sudiartha menjelaskan, rangkaian karya diawali dengan matur piuning pada 21 Maret 2023. Dilanjutkan dengan Negteg Beras, Ngingsah, dan Tawur.. 

Setelah puncak karya, Mangku Sudiartha menjelaskan, Ida Bhatara akan nyejer hingga 17 Mei mendatang untuk selanjutnya Nyineb dilaksanakan pada 18 Mei. Kemudian dilanjutkan dengan Napak Pertiwi dengan sasolahan Calonarang. 

Walikota Jaya Negara mengatakan pelaksanaan karya agung ini merupakan momentum bagi seluruh krama untuk selalu eling dan meningkatkan srada bakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Karenanya sudah sepatutnya seluruh elemen masyarakat, utamanya krama desa, khususnya Banjar Lumintang menjadikan ini sebuah momentum untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai implementasi dari Tri Hita Karana. 7 bin

Komentar