nusabali

Bus Trans Sarbagita Milik Pemprov Bali Layani Rute Khusus Denpasar - Bangli PP

Dilayani Dua Armada Bus, Sementara Masih Digratiskan

  • www.nusabali.com-bus-trans-sarbagita-milik-pemprov-bali-layani-rute-khusus-denpasar-bangli-pp

Selain mahasiswa dan dosen, layanan bus ini juga banyak dimanfaatkan pasien RS Jiwa Bangli dan keluarganya yang hendak kontrol ke RS Jiwa Bangli.

DENPASAR, NusaBali
Transportasi publik milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali Bus Trans Sarbagita kini membuka layanan khusus jalur Denpasar-Bangli. Rute baru ini terutama untuk melayani civitas akademika Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa dari kampus Denpasar ke kampus baru di Bangli.  

Bus berangkat dari GOR Ngurah Rai menuju Kampus UHN Sugriwa Denpasar, lanjut ke sejumlah pemberhentian, yakni Mydea FC (setelah Patung Sakah Gianyar), Stadion Dipta Gianyar, Pasar Gianyar, RS Jiwa Bangli dan berakhir di Kampus UHN Sugriwa Bangli. 

Setiap harinya bus berangkat sebanyak empat kali, pulang pergi (PP). Untuk keberangkatan, bus berangkat dari GOR Ngurah Rai pukul 07.30 Wita, 08.30 Wita, 12.30 Wita, dan 13.30 Wita. Sementara itu keberangkatan dari Kampus UHN Sugriwa Bangli pukul 09.30 Wita, 10.30 Wita, 14.30 Wita, dan 15.30 Wita. 

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta menuturkan layanan khusus Denpasar-Bangli untuk sementara digratiskan, namun setiap tahunnya akan dilakukan evaluasi. "Ini layanan khusus atas permintaan UHN Sugriwa, karena mereka kan pindah kampus. Banyak dosen-dosen dan mahasiswa yang tinggal di Denpasar," ujar Samsi dikonfirmasi, Rabu (10/5). 

Samsi mengatakan selain mahasiswa dan dosen UHN Sugriwa, layanan khusus yang sudah dibuka akhir tahun lalu ini juga terbuka untuk melayani masyarakat umum. Ia mengungkap, layanan ini juga banyak dimanfaatkan pasien RS Jiwa Bangli dan keluarganya yang hendak kontrol ke RS Jiwa Bangli.

 
"Kalau masyarakat umum mau memanfaatkan kita sangat welcome," ujar Samsi. Samsi menjelaskan, untuk saat ini jumlah bus yang digunakan untuk layanan khusus ini sebanyak dua bus. Menurutnya dua bus ini di luar dari 10 bus yang dipakai pada dua koridor Trans Sarbagita, Denpasar-Nusa Dua dan Denpasar-GWK.
 
Samsi mengatakan tidak menutup kemungkinan adanya layanan rute baru lagi dengan mempertimbangkan permintaan pasar yang cukup tinggi. Ia mengatakan bus Trans Sarbagita berkolaborasi dengan Trans Metro Dewata yang merupakan program transportasi umum Kementerian Perhubungan dalam melayani masyarakat. "Rute Denpasar-Tabanan cukup ramai peminatnya, tapi sudah ada Trans Metro Dewata," sebut Samsi. 

Terpisah salah satu dosen UHN Sugriwa Dr Ni Made Yuliani SSos MFilH menyampaikan sebagian aktivitas kampus saat ini dipindah ke Kampus Bangli karena adanya renovasi Kampus Denpasar. Ia mengatakan dengan adanya layanan Bus Trans Sarbagita dari Kampus Denpasar menuju Kampus Bangli memberikan transportasi nyaman, aman dan murah bagi civitas akademika UHN Sugriwa. 

Namun demikian ia juga menyampaikan waktu tempuh bus Trans Sarbagita lebih lama jika dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. "Terlalu lama ke kampusnya, sementara pekerjaan harus on time," ujarnya. 7 cr78 

Komentar