nusabali

Hadiri ATM di Dubai, Kemenparekraf Gaet 58.958 Wisman

  • www.nusabali.com-hadiri-atm-di-dubai-kemenparekraf-gaet-58958-wisman

JAKARTA, NusaBali - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggaet 58.958 wisatawan mancanegara (wisman) dalam kegiatan Arabian Travel Mart (ATM) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), mulai Senin (1/5) hingga Kamis (4/5)

"Target awalnya 55.000 wisatawan, ternyata hasilnya melebihi target yaitu 58.958 pax atau 107 persen dari target," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (8/5) seperti dilansir Kompas.com.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari ATM Dubai 2023, devisa yang dihasilkan oleh Kemenparekraf yakni sekitar Rp 1,36 triliun.

"Ada 41 industri pariwisata yang dibawa (dari Indonesia). Kita tidak hanya membiayai, tetapi juga kita mengajak mereka (wisman) berkolaborasi," ucap dia.

Selain mengajak berkolaborasi, dalam kegiatan ATM Dubai 2023 ini Kemenparekraf juga fokus mempromosikan lima destinasi wisata super prioritas Indonesia.

Melalui ATM Dubai 2023, Kemenparekraf memberikan informasi perkembangan terkini tentang pariwisata Indonesia yang menyambut PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri) dan sejumlah aturan PPLN masuk ke Indonesia pasca-pandemi Covid-19.

"Kita fokusnya kepada high value travelers (pelaku perjalanan berkualitas tinggi)," katanya.

Dilansir dari laman resmi Kemenparekraf, empat aspek pariwisata Indonesia yang difokuskan dalam perhelatan tersebut yakni experience (pengalaman), quality (kualitas), sustainability (keberlanjutan), dan luxury tourism (wisata mewah).

Dalam kegiatan ATM Dubai 2023, Kemenparekraf melakukan dua kegiatan utama. Pertama, B2B (Business to Business) meeting dengan mempertemukan industri pariwisata dengan calon buyers (pembeli) potensial.

Kedua, pertemuan langsung dengan wholesaler, OTA (Online Travel Agent), dan maskapai penerbangan internasional guna meningkatkan kerja sama dan promosi pariwisata Indonesia.

Dalam hal ini, termasuk berkenaan dengan penambahan kapasitas kursi dan frekuensi penerbangan ke Indonesia. 7

Komentar