nusabali

1.892 Calon Mahasiswa Ikuti Tes UTBK di Undiksha

  • www.nusabali.com-1892-calon-mahasiswa-ikuti-tes-utbk-di-undiksha

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 1.892 calon mahasiswa mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Buleleng. UTBK gelombang I mulai diselenggarakan Senin (8/5). Ujian ini akan dilaksanakan selama enam hari, hingga Sabtu (13/5) mendatang.

Rektor Undiksha, Prof Dr I Wayan Lasmawan mengatakan, Undiksha terpilih menjadi salah satu pelaksana UTBK. Undiksha telah menyiapkan delapan ruang lab komputer untuk digunakan sebagai lokasi ujian. Mekanisme pelaksanaan UTBK merujuk pada SOP yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Meski kasus Covid-19 telah melandai, namun protokol kesehatan di ruang ujian tetap diterapkan. Selain itu pihaknya juga mengurangi mobilitas di kampus agar tidak mengganggu konsentrasi para peserta ujian. Pihak kampus juga meniadakan semua kegiatan di kampus, kecuali kegigatan perkuliahan. 

"Untuk mengurangi mobilitas, kami meniadakan semua kegiatan di kampus kecuali perkuliahan. Jadi ini agar teman-teman yang ikut tes tidak merasa terganggu," ujar Lasmawan.

Lasmawan menyebutkan, pada penerimaan mahasiswa baru di Undiksha periode ini, pihaknya menyediakan sebanyak 5.100 kursi baik untuk Diploma 3, Diploma 4, Sarjana, Magister hingga Program Doktor atau S3. "Penerimaan mahasiswa baru itu dibagi dalam tiga jalur yakni prestasi dengan alokasi 30 persen, SNBT dengan alokasi 40 persen serta jalur mandiri dengan alokasi 30 persen," bebernya.

Pada penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, Undiksha tidak lagi melakukan tes. Pihaknya hanya akan akan menggunakan hasil UTBK sebagai pedoman untuk menentukan apakah peserta tersebut dapat lolos dalam penerimaan mahasiswa. "Tapi untuk mendukung Program Studi (Prodi) yang daya tampungnya belum terpenuhi, ada kemungkinan akan dibuka jalur mandiri dengan tes. Untuk melengkapi dan mengisi kursi yang masih kosong saja," jelasnya.

Lasmawan pun berharap bukaan penerimaan mahasiswa baru ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh bangku dan kesempatan mengenyam pendidikan tinggi di kampus Undiksha. "Kami selaku lembaga pendidikan membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat dari berbagai lapisan untuk mengenyam pendidikan tinggi," tandasnya.7mzk

Komentar