nusabali

6.053 Orang Terdaftar Ikut UTBK SNBT di Unud

  • www.nusabali.com-6053-orang-terdaftar-ikut-utbk-snbt-di-unud

Sebelumnya Unud telah menerima 2.157 mahasiswa baru dari jalur prestasi di sekolah.

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 6.053 orang terdaftar sebagai peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) yang diselenggarakan Universitas Udayana (Unud). Pada hari pertama pelaksanaan UTBK-SNBT, Senin (8/5) tercatat diikuti sebanyak 1.547 orang.

Dijadwalkan UTBK-SNBT berlangsung hingga Kamis (11/5) mendatang. Setiap harinya terdapat dua kali sesi ujian. “Untuk memperlancar penyelenggaraan UTBK tahun 2023, Unud telah menyiapkan sebanyak 35 ruangan atau work station yang tersebar di tiga lokasi ujian yaitu di Kampus Unud Sudirman, Kampus Unud Jalan Pulau Nias dan Kampus Unud di Jimbaran,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir I Gede Rai Maya Temaja, MP, IPU kemarin.

Prof Rai menjelaskan, pada ujian sesi pertama dan kedua kemarin diikuti sebanyak 1.547 orang dari total 1.630 orang yang terdaftar. Dia pun berharap pelaksanaan ujian yang dilaksanakan tahun ini berjalan dengan baik dan lancar.

Untuk diketahui, untuk bisa masuk sebagai mahasiswa PTN, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menetapkan tiga jalur seleksi, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), SNBT, dan jalur Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri.

Adapun setiap kampus negeri maksimal bisa menerima mahasiswa dari jalur SNBP sebanyak 20 persen, SNBT minimal 30-40 persen bergantung status PTN, dan maksimal 40-50 persen pada jalur mandiri.


Sebelumnya Unud telah menerima 2.157 mahasiswa baru (maba) dari jalur prestasi di sekolah. Rektor Unud Prof Dr Ir I Nyoman Gde Antara MEng IPU, mengungkapkan bahwa ada sebanyak 12.940 pelamar yang memilih Unud melalui SNBP tahun ini. Pendaftaran SNBP 2023 dibuka pada 15-28 Februari 2023 lalu. 

“Kami hanya bisa meluluskan sesuai ketentuan yaitu 2.157 atau hanya 17 persen dari seluruh peminat kuliah di Unud melalui jalur SNBP atau jalur pertama ini. Kami mohon maaf kepada masyarakat yang belum bisa diterima,” kata Prof Antara kepada NusaBali, Senin (27/3).

Prof Antara menjelaskan, 2.157 mahasiswa baru ini akan mengisi masing-masing 30 persen dari daya tampung 52 Program Studi baik jenjang S0 maupun S1 yang tersebar di 13 fakultas yang ada di universitas tertua di Bali ini.

“Bagi yang belum diterima di jalur SNBP ini jangan berkecil hati, karena bisa segera mendaftarkan diri secara online sebagai peserta UTBK SNBT 2023,” ucap Prof Antara.

Prof Antara berharap bahwa dengan seleksi yang ketat tersebut Unud akan mendapatkan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kualifikasi akademik yang bagus dan memiliki akhlak yang baik, sehingga mereka bisa menyelesaikan kuliahnya di Unud tepat waktu. “Setelah menjadi alumni Unud, saya berharap mereka akan berkontribusi aktif membangun bangsa dan negara,” tambahnya. 7 cr78

Komentar