nusabali

Badung Geber 'Banjar Menari' Jelang PKB 2023

  • www.nusabali.com-badung-geber-banjar-menari-jelang-pkb-2023

MANGUPURA, NusaBali.com - Jelang pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023, 24 sanggar dan sekaa yang menjadi duta Kabupaten Badung menggeber program 'Banjar Menari' gagasan Dinas Kebudayaan.

Program revitalisasi sentralitas banjar sebagai pusat pertumbuhan dan perkembangan seni ini diluncurkan pada akhir tahun 2022 lalu. Pada tahun 2023 ini, ajang PKB menjadi pembuktian pelaksanaan 'Banjar Menari'.

"Mulai tahun ini kami mengejar agar dalam satu duta Badung itu 50 persen penari dan penabuhnya dari banjar atau desa adat setempat," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha saat dijumpai di Puspem Badung belum lama ini.

Kata Eka, pihaknya melihat banjar sebagai benteng terakhir keberadaan adat, seni, dan budaya Bali. Oleh karena itu, perkembangan seni harus digalakkan dari tingkat banjar bukan sekadar terfokus pada sanggar atau sekaa tertentu.

Di kesempatan yang berbeda, mantan Camat Petang ini bahkan mengultimatum bahwa duta Badung yang tidak memenuhi kuota 50 persen talenta dari desa adat setempat tidak akan dikirim ke PKB. Hal ini dilakukan demi memacu pengembangan seni di banjar dengan memanfaatkan momen tahunan di Art Center.

Hingga awal Mei ini, Eka mengonfirmasi para duta Badung sudah siap. Sementara sorotan dari Kabupaten Badung yakni 'Galah Badung' alias Badung Day dengan menampilkan gong kebyar dewasa, wanita, dan anak-anak dalam satu panggung juga sudah hampir rampung.

"Tantangan kami memang untuk saat ini menyelaraskan materi dengan tema PKB tahun ini yaitu Segara Kerthi Prabhaneka Sandhi, Samudera Cipta Peradaban," imbuh Eka.

Birokrat berkacamata ini membeberkan, fokus utama Kabupaten Badung untuk PKB sejalan dengan konsep 'Banjar Menari'. Untuk itu, penampil dari Badung tidak hanya soal yang terbaik namun bagaimana setiap lapisan seniman di Badung memeroleh ruang dan kesempatan.

Jelas Eka, para duta Badung yang tampil di setiap ajang PKB berbeda-beda. Oleh karena itu, ada yang sudah menunggu belasan hingga puluhan tahun untuk mendapat jatah menjadi duta gumi keris.

Meskipun demikian, Eka meyakini siapa pun yang tampil akan memberikan yang terbaik lantaran PKB yang akan berlangsung selama 18 Juni-16 Juli 2023, sudah menjadi tolok ukur seniman di Pulau Dewata. *rat

Komentar