nusabali

Pakai KBS, MCU Bacaleg asal Badung Gratis di RSD Mangusada

  • www.nusabali.com-pakai-kbs-mcu-bacaleg-asal-badung-gratis-di-rsd-mangusada

MANGUPURA, NusaBali.com - Medical checkup (MCU) bakal calon legislatif (bacaleg) ber-KTP Badung bisa dilakukan secara gratis di RSD Mangusada lantaran ter-cover program Krama Badung Sehat (KBS).

Sebagian besar warga Kabupaten Badung sudah mengantongi Kartu Badung Sehat. Kartu ini meng-cover berbagai layanan di luar tanggungan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS). Sebagai warga Badung, bacaleg pun memiliki hak yang sama.

"Bacaleg untuk DPRD Badung ini kan semua orang Badung, jadi mereka bisa tidak kami kenakan biaya MCU karena sudah ter-cover KBS," ujar Wakil Direktur Pelayanan RSD Mangusada, dr I Ketut Japa MM ketika dihubungi pada Sabtu (6/5/2023) siang.

Kata Plh Direktur RSD Mangusada ini, bacaleg asal Badung yang ingin memanfaatkan layanan KBS dilakukan melalui sistem rujukan. Bacaleg diminta melampirkan KTP dan surat rujukan dari klinik maupun Puskesmas zonasi daerah domisili.

Berdasarkan mekanisme ini, bacaleg diberikan layanan MCU mulai dari tes kesehatan, tes kejiwaan, hingga tes narkotika tanpa sepeser biaya. Dr Japa mengaku semua tahapan MCU ini bisa dilakukan seutuhnya oleh poli-poli di RSD Mangusada.

"Ya, pasti satu atau dua orang itu ada yang memilih menggunakan layanan umum tanpa perantara KBS. Mungkin karena enggan mengurus surat rujukan atau alasan lain. Secara umum, hampir 98 persen pakai KBS," beber dr Japa.

RSD Mangusada melaksanakan layanan MCU bacaleg di tempat yang terpisah dari pasien umum agar tidak mengganggu layanan untuk masyarakat. Dikatakan, MCU untuk bacaleg dilakukan di ruangan paviliun rumah sakit milik Pemkab Badung ini.

Hingga Sabtu siang pada pukul 12.50 Wita, RSD Mangusada sudah melayani 157 MCU bacaleg baik secara kolektif maupun mandiri. Jelas dr Japa, bacaleg yang melakukan MCU di rumah sakit daerah yang berlokasi di Kelurahan Kapal ini tidak hanya dari Badung melainkan juga dari luar kabupaten seperti dari Kota Denpasar bahkan Tabanan. *rat

Komentar