nusabali

Lulusan SMK Teknas Denpasar Terserap di Dunia Kerja

  • www.nusabali.com-lulusan-smk-teknas-denpasar-terserap-di-dunia-kerja

Untuk keenam kalinya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Nasional (Teknas) Denpasar melepas siswa-siswi yang telah tuntas menyelesaikan pendidikan selama tiga tahun di sekolah tersebut. 

DENPASAR, NusaBali
Puluhan siswa mengikuti pelepasan siswa di Ruang Intan Hotel Nikki Denpasar, Senin (12/6). Kepala SMK Teknas Denpasar, I Made Mudarta SE MM mengatakan, kali ini pelepasan siswa mengangkat satu tema penting, ‘Balancing Behaviour, Knowledge, and Skill’. Tema ini mengingatkan akan pentingnya menyeimbangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam dunia pendidikan sehingga mendapatkan kualitas, hasil lulusan atau output yang baik, serta outcome yang mampu berwirausaha.

“Menyeimbangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan bukan hal mudah. Karena itu, banyak sinergitas yang harus dilakukan terutama peran orang tua bersama-sama dengan guru dalam pengentasan anak bermasalah serta komunikasi berkelanjutan terhadap perkembangan siswa,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, meski baru 8 tahun berdiri sejak 9 Februari 2009, SMK Teknas Denpasar terus meningkatkan diri. Diawali dengan akreditasi, SMK Teknas terakreditasi Amat Baik (A) sejak 27 September 2014. Untuk memudahkan akses setamatnya para siswa sekolah,  SMK Teknas Denpasar kini juga kian dilirik industri, terlihat dari beberapa MoU yang sudah ditandatangani termasuk rekruitmen tenaga kerja dan praktek kerja industri (prakerin) seperti dengan PT Arta Sedana Retailindo, PT Bima Sakti Sanjaya, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Denpasar, Camat Denpasar Selatan, serta  Lurah Sesetan dan Renon.

“Siswa yang sudah lulus rata-rata sudah bisa terserap di dunia kerja atau melanjutkan ke perguruan tinggi dan berwirausaha sejalan dengan program pemerintah untuk memajukan pendidikan yang siap kerja,” imbuhnya.

SMK Teknas Denpasar dari waktu ke waktu selalu meningkatkan kualitas. Kini ada pengembangan dua jurusan baru yakni jurusan Akuntansi dan Administrasi Perkantoran yang diverifikasi Disdikpora Kota Denpasar 13 Juni 2016. “Dua jurusan ini adalah menjawab tantangan di masa kini. Dengan penggabungan jurusan tersebut ditambah pengetahuan teknologi, akan menjadikan output memiliki kualitas yang dibutuhkan dunia kerja saat ini. Untuk jurusan terbaru ini kami sudah menerima siswa baru angkatan pertama,”  kata Mudarta.

SMK Teknas Denpasar juga melaunching Mobile SMK pada ulang tahun ke-8, 10 Februari 2017 lalu. Aplikasi ini, memudahkan para orang tua, siswa maupun guru dan masyarakat untuk mengetahui informasi terkini tentang SMK Teknas melalui mobile SMK. “SMK Teknas Denpasar adalah sekolah pertama yang menggunakan mobile SMK. Di sini masyarakat bisa mengakses informasi tentang SMK Teknas, bisa diunduh di Google Play Store. Selain masyarakat, siswa sendiri bisa melihat hasil ujian di aplikasi ini, dengan menggunakan password khusus,” ujarnya.

Pada pelepasan siswa kali ini juga diberikan penghargaan kepada guru dan pegawai berprestasi, serta siswa dengan poin pelanggaran terendah dan berprestasi pencatatan buku tata tertib dan tata krama SMK Teknas. *in

Komentar