nusabali

Pramuka Karangasem Berobsesi Rebut Prestasi Nasional

  • www.nusabali.com-pramuka-karangasem-berobsesi-rebut-prestasi-nasional

AMLAPURA, NusaBali - Rapat Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karangasem dalam program jangka pendek berobsesi merebut gelar juara nasional di LT (Lomba Tingkat) V Kwarnas (Kwartir Nasional) di Cibubur Jakarta Timur, Agustus 2023.

Regu putra dan putri SMPN 2 Kubu sebagai wakil Bali, setelah di LT IV Kwarda Bali, di Bumi Perkemahan Pramuka I Gusti Ngurah Rai Margarana Tabanan, 30 Maret-2 April, memenangkan gelar itu. "Ini program kerja jangka pendek, target merebut gelar juara di LT V Kwarnas," jelas Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem Ida Bagus Putu Suastika, di acara Rakercab Gerakan Pramuka, Aula STKIP Jalan Ngurah Rai Amlapura, Selasa (2/5).

SMPN 2 Kubu secara mengejutkan, memboyong 21 medali emas, berasal dari Regu Elang putra,12 emas, 4 perak dan 1 perunggu. Sedangkan Regu Dahlia putri memenangkan 9 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Prestasi itu cukup jauh mengungguli lawan-lawan dari kabupaten/kota lainnya. "Setidaknya dari beberapa nomor yang nantinya kita ikuti, agar ada medali emas kita bawa pulang, itu harapan kita bersama," tambah Asisten III Setdakab Karangasem itu.

Program jangka pendek lain, katanya, berencana berlanjut mengikut jambore, di Cibubur Jakarta Timur, 14-26 Agustus. Dalam kesempatan itu, Ida Bagus Putu Suastika juga membeberkan, evaluasi kinerja tahun 2022, dan program kerja tahun 2023. Program yang tak kalah pentingnya untuk meningkatkan prestasi anggota pramuka, di antaranya menggelar KMD (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar), KML (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan), sehingga kompetensi pembina terus meningkat secara kualitas.

Kata dia, prestasi Pramuka agar jangan hanya puas sebatas di Tingkat Provinsi Bali. Prestasi mesti terus meningkat. Kali ini targetnya juara nasional.

Hadir, Ketua Pusdiklatcab (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang) Gerakan Pramuka Kwarcab Karangasem Made Agung Ariyasa, Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem Dr I Wayan Sarya, serta segenap pengurus dan Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) se-Karangasem.

Kamabicab (Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang) Karangasem I Gede Dana yang juga Bupati Karangasem membuka acara rakercab. Dia mengingatkan. pentingnya meningkatkan kegiatan pelatihan secara intensif sehingga menambah wawasan dan pengalaman kepada para pembina. "Juga disertai pelatihan kepemimpinan," jelas I Gede Dana.

Terlebih lagi, katanya, telah mampu mendominasi gelar juara di Tingkat Provinsi Bali. Maka, 0tingkatkan kualitas pembinaan di tingkat ranting.7k16

Komentar