nusabali

Didominasi Generasi Sandwich, Buruh di Indonesia Rentan Jatuh Miskin

  • www.nusabali.com-didominasi-generasi-sandwich-buruh-di-indonesia-rentan-jatuh-miskin

JAKARTA, NusaBali - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut mayoritas buruh Indonesia adalah generasi sandwich. Generasi sandwich adalah mereka harus menafkahi generasi di atas dan di bawahnya.

"Saya belum menemukan berapa angka yang pasti, tapi kita pastikan mayoritas angkatan buruh kita itu adalah generasi sandwich. Artinya apa? ketika dia bekerja dia harus menghidupi generasi atasnya, mulai dari kakek, nenek, ayah, ibu," katanya dalam Puncak Perayaan Hari Buruh Internasional, disiarkan kanal YouTube Kementerian Ketenagakerjaan, seperti dilansir detikcom, Senin (1/5).

"Ke bawah dia bertanggung jawab kepada anak, istri, atau suami ,anak. Sehingga dia ini seperti sandwich. Daging di tengah roti, dihimpit dua roti di atas dan di bawah," lanjutnya.

Konsekuensinya, kata Muhadjir, jika generasi sandwich terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), maka pihak yang dinafkahi bakal terdampak. Hal inilah yang menjadi perhatian pemerintah.

"Apa konsekuensinya kalau sampai terjadi PHK atau jadi penganggur. Maka ketika kena PHK, yang nanggung bukan hanya yang kena PHK saja. Mulai dari kakek, nenek, ayah, ibunya ikut jadi miskin. Anak istri jadi miskin. 

Itulah yang kita khawatirkan," bebernya.Menyikapi ini, BPJS Ketenagakerjaan turun ke pabrik-pabrik yang karyawannya terancam mengalami PHK. Ia juga sempat meminta Menaker Ida Fauziyah untuk mengeluarkan peraturan kompromi demi menghindari PHK.

"Saya dengan dirut BPJS Ketenagakerjaan turun ke pabrik-pabrik terutama yang terancam mengalami ancaman PHK itu, tekstil, sepatu, garmen, saya sisir ke beberapa tempat untuk merayu para owner agar jangan PHK dulu. Saya sampai beritahu bu Menaker supaya ada peraturan baru bagaimana supaya ada kompromi-kompromi dalam kaitannya dengan salary," imbuhnya.

Sebab bila terjadi PHK massal maka tingkat kemiskinan akan naik. Tercatat hingga saat ini ada 6 juta penduduk Indonesia yang dikategorikan penduduk miskin ekstrim.

"Begitu ada PHK maka kemiskinan terjun bebas, dan kemiskinan ekstrim kita masih tinggi. Kita masih sekitar 6 juta penduduk kita miskin ekstrim. Dan inilah generasi sandwich, inilah yang harus kita waspadai, jangan sampai mengganggu proses upaya kita membangun pertumbuhan Indonesia," pungkasnya. 7

Komentar