nusabali

Pemkab Gianyar, Serikat Pekerja, dan Perusahaan Berbagi Sembako

Peringatan Hari Buruh Internasional di Gianyar

  • www.nusabali.com-pemkab-gianyar-serikat-pekerja-dan-perusahaan-berbagi-sembako
  • www.nusabali.com-pemkab-gianyar-serikat-pekerja-dan-perusahaan-berbagi-sembako
  • www.nusabali.com-pemkab-gianyar-serikat-pekerja-dan-perusahaan-berbagi-sembako

GIANYAR, NusaBali - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Kabupaten Gianyar diisi dengan aksi berbagi dari Serikat Pekerja (SP) Gianyar bersama Pemkab Gianyar dan berbagai perusahaan di wilayah Gianyar.

Aksi sinergitas ini digelar di Blok C Pasar Seni Sukawati dengan membagikan sembako kepada pekerja rentan, kursi roda kepada lansia atau disabilitas, dan traktor kepada kelompok tani dan ternak, Senin (1/5). 

Kadis Tenaga Kerja Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengungkapkan, peringatan May Day tahun 2023 diharapkan mampu meningkatkan sinergitas di antara pekerja, perusahaan, dan pemerintah. “Untuk mewujudkan sinergitas itu, kami dibantu oleh perusahaan melalui dana CSR,” ungkap Dayu Surya. Krisna Oleh-Oleh membantu 200 paket sembako untuk dibagikan kepada tukang suwun di Pasar Sukawati. Ada juga bantuan kursi roda dan traktor. Dari BSSA menyediakan konsumsi berupa nasi jinggo.

Disnaker Gianyar juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gianyar yang melaksanakan kegiatan donor darah. Komunitas Eco Enzyme bersama Polres Gianyar melakukan penyemprotan eco enzyme keliling di Desa Sukawati. BPD Bali dan BPJS Ketenagakerjaan juga turut berbagi. Bupati Gianyar I Made Mahayastra mengatakan, ikatan yang terjadi antara pekerja, perusahaan, dan pemerintah adalah suatu lingkaran yang tak boleh terputus. 


Bupati Mahayastra menjelaskan, Pemkab Gianyar bisa membangun SDM atau infrastruktur tanpa pendapatan daerah melalui pajak perusahaan. Perusahaan tidak bisa menyetorkan pajaknya tanpa adanya pekerja serta perusahaan tidak bisa jalan tanpa adanya izin dari pemerintah. “Jadi ini merupakan sinergitas yang berkesinambungan. Pemerintah sebagai pembuat regulasi dan melakukan pengawasan terhadap hak-hak pekerja ataupun legalitas perusahaan,” jelas Bupati Mahayastra. 

Bupati mengucapkan terima kasih kepada Serikat Pekerja karena telah menyampaikan berbagai tuntutan dengan cara yang santun. Serikat Pekerja merupakan jembatan komunikasi. “Serikat Pekerja ini adalah penyambung antara pekerja dengan perusahaan ataupun dengan pemerintah. Jadi ini akan saling berkaitan satu sama lain,” jelasnya. 

Ketua Serikat Pekerja Gianyar I Gede Budhiartawan mengaku kaget dengan peringatan May Day tahun ini karena banyak sponsor ikut serta berbagi. “Saya rasa ini perayaan May Day terbesar pasca pandemi. Saya tidak menyangka sponsornya banyak sekali. Semoga ini menjadi tonggak kembalinya pariwisata di Kabupaten Gianyar,” harap Budhiartawan. 7 nvi

Komentar