nusabali

Hiu Sirip Hitam Maskot World Beach Games

  • www.nusabali.com-hiu-sirip-hitam-maskot-world-beach-games

NUSA DUA, NusaBali - Ketua Komite Olimpiade Indonesia yang sekaligus Ketua penyelenggara ANOC World Beach Games II (AWBG) Raja Sapta Oktohari mengenalkan hiu sirip hitam sebagai maskot pertandingan internasional tersebut saat seminar chef de mission (CdM) negara peserta di Bali.

"Hari ini kita memberikan kejutan kepada peserta seminar CdM ANOC World Beach Games ke-2. Di tengah  acara, saya sampaikan ada selebriti yang akan datang, yaitu hiu blacktip (sirip hitam)," kata Okto, panggilan Raja Sapta, di Kawasan ITDC Nusa Dua, Badung, Sabtu (29/4).

Okto menjelaskan hiu sirip hitam merupakan spesies yang banyak ditemui di Indonesia. Selain itu semangat olahraga, ANOC World Beach Games di tahun ini juga memiliki semangat dalam melindungi hiu.

Kepada 69 pimpinan negara peserta yang hadir secara langsung dan 38 lainnya melalui daring, Raja menyampaikan nama panggilan dari maskot tersebut, yaitu Bli Suksma untuk hiu sirip hitam jantan, dan Gek Suksma untuk hiu sirip hitam betina.

"Nama 'suksma' karena itu artinya dalam bahasa bali terima kasih, dan acara ini penuh kebahagiaan, semua yang datang ke sini menyampaikan terima kasih. Bli Suksma artinya terima kasih saudara laki-laki atau gek untuk perempuan," ujar Okto.

Hal lain yang ingin disampaikan lewat maskot dengan nama Bali itu adalah pengenalan terhadap kata-kata umum di Bali, maka selain suksma, Raja juga mengajarkan kata lain seperti salam Om Swastiastu.

Usai mengenalkan hiu sirip hitam di hadapan negara peserta, penyelenggara memberi kesempatan untuk berfoto bersama maskot sebelum nantinya akan bertemu kembali pada Agustus 2023. ant

Komentar