nusabali

Anak-Anak PAUD Adnyani Desa Gerih Antusias Mengenal Lalu Lintas

  • www.nusabali.com-anak-anak-paud-adnyani-desa-gerih-antusias-mengenal-lalu-lintas

MANGUPURA, NusaBali.com – Keceriaan terlihat di wajah anak-anak PAUD Adnyani, Desa Gerih, Kecamatan Abiansemal ketika disambangi Satlantas Polres Badung untuk mengenal pendidikan lalu lintas, Kamis (27/4/2023) pagi.

Dengan mengenakan baju olahraga bernuansa biru langit dan putih, peserta pendidikan lalu lintas yang terdiri dari 30 anak-anak usia dini ini duduk rapi di hadapan PS Panit Kamsel, Aiptu I Putu Ariasa.

Dimulai sekitar pukul 10.00 Wita, generasi belia ini dikenalkan soal keamanan dan keselamatan (kamsel) lalu lintas. Harapannya, ketika puluhan penerus bangsa ini tumbuh dewasa, mampu membawa budaya tertib saat berkendara di jalan raya.

“Kami melakukan sosialisasi untuk mengenalkan tugas pokok polisi lalu lintas kemudian memberikan contoh kepada anak-anak tentang perilaku tertib berlalu lintas,” jelas Ariasa yang bertugas memberikan materi sederhana didamping seorang guru.

Ketika membawa topik yang cukup berat, perlu disederhanakan agar mudah dipahami anak-anak. Di samping itu, alat peraga juga disiapkan untuk menambah daya tarik, misalnya rambu-rambu lalu lintas yang dibuat berbentuk mini.

Anak-anak PAUD Adnyani tampak heboh ketika Ariasa dan guru mereka melemparkan pertanyaan. Bahkan satu di antara mereka sengaja berdiri agar ditunjuk untuk berpartisipasi.

“Selain kamsel, kami juga mengenalkan seragam polisi lalu lintas, rambu-rambu, alat pemberi isyarat lalu lintas saat bertugas di jalan raya, termasuk tata cara menyeberang jalan,” imbuh Kasat Lantas Polres Badung, Iptu Ni Luh Putu Deniani di sela kegiatan.

Deni berpesan kepada guru dan orangtua bahwa pendidikan lalu lintas sejak usia dini sangat penting dilakukan. Hal ini guna menciptakan generasi yang paham soal keamanan dan keselamatan lalu lintas serta berperilaku tertib mulai dari mengenal aturan di jalan raya. *rat

Komentar