nusabali

Elektabilitas Gus Ipul Tertinggi, Risma dan Kofifah Bersaing

  • www.nusabali.com-elektabilitas-gus-ipul-tertinggi-risma-dan-kofifah-bersaing

Survei tentang peta kekuatan kandidat yang berpeluang bertarung di Pilgub Jawa Timur 2018 digelar Indikator Politik Indonesia.

Survei Kandidat Jelang Pilgub Jatim 2018

SURABAYA, NusaBali
Hasilnya jika Pilgub Jatim digelar saat ini, maka akan terjadi persaingan sengit antara Saifullah Yusuf, Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa.

Survei dilakukan di seluruh daerah di Jawa Timur. Warga yang disurvei yang memiliki hak pilih, umur mulai 17 tahun hingga yang sudah menikah. Sampel sebanyak 819 orang dengan metode multistage random sampling, memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya Saifullah Yusuf alias Gus Ipul memiliki elektabilitas tertinggi disusul Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa. Elektabilitas Risma menyalip Khofifah. "Bila Pilkada Jatim ini dilaksanakan pada saat ini, maka ada tiga nama yang elektabilitasnya cukup menonjol, yakni Wagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Mensos Khofifah Indar Parawansa,” kata Hendro Prasetyo, peneliti Indikator di Diskusi dan Rilis Hasil Survei Peta Peluang Para Tokoh Menjelang Pemilukada Provinsi Jawa Timur 2018 di sebuah rumah makan di Surabaya, Minggu (11/6) dilansir detik.com.

Dari versi pertanyaan spontan, ketiga tokoh tersebut memperoleh elektabilitas, yakni Saifullah Yusuf 13,1 persen. Risma di bawah Gus Ipul tapi di atas Khofifah dengan meraih 9,7 persen. Sedangkan Khofifah mendapatkan 5,8 persen. "Untuk versi pertanyaan semi terbuka, nama Saifullah Yusuf memperoleh 23,6 persen. Risma 19,2 persen. Khofifah 15,7 persen. Sedangkan yang tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 25,1 persen," terangnya. *

Komentar