nusabali

Viral Perkelahian di Ubud, Polsek Ubud Temui Jro Mangku, Identitas Bule Masih Ditelusuri

  • www.nusabali.com-viral-perkelahian-di-ubud-polsek-ubud-temui-jro-mangku-identitas-bule-masih-ditelusuri

GIANYAR, NusaBali.com - Polsek Ubud menindaklanjuti viral perkelahian antara warga lokal dengan turis.

Kapolsek Ubud Kompol I Made Uder seizin Kapolres Gianyar AKBP I Ketut Widiada mengatakan sudah berhasil mengidentifikasi dan menemui warga lokal yang terlibat dalam perkelahian tersebut. Sedangkan bule yang diduga berkebangsaan Rusia itu masih dalam penyelidikan.

Terungkap lokasi kejadian bertempat di Jalan Raya Ubud tepatnya di depan SMP Negeri 1 Ubud pada Sabtu (23/4/2023) sekitar pukul 15.00 Wita. 

Kompol I Made Uder menjelaskan penyelidikan lanjutan dipimpin oleh Kanit Intelkam Iptu Ngakan Nyoman Jaya Wijaya.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi di TKP, bahwa saat kejadian warga tiba-tiba sudah mendengar suara gaduh-gaduh. Warga melihat warga lokal berbusana serba putih sudah melepas dan melempar udeng ke dalam mobil, kemudian mencari warga negara asing yang belum diketahui identitasnya hingga akhirnya terjadi perkelahian.

Sementara menurut keterangan warga lain, sebelum kejadian kendaraan dua orang yang bersitegang ini sama-sama melaju dari arah barat menuju timur.

Warga sekitar melihat mobil yang dikendarai WNA berusaha menyalip mobil warga masyarakat lokal namun terhenti karena macet. 

Kemudian akhirnya terjadi perselisihan antara keduanya dan selanjutnya terjadi perkelahian hingga kemudian salah satu warga melerai sebelum akhirnya WNA tersebut pergi. 

Namun warga tidak mengetahui pasti permasalahan antara keduanya.

Tak berhenti sampai di sana, Unit Intelkam Polsek Ubud selanjutnya menyisir keberadaan kedua belah pihak. 

Salah satu pihak, berhasil ditemui di kediamannya di Jalan Anyelir, Desa Sumerta, Denpasar Timur pada Senin (24/4/2023) sekitar pukul 15.30 Wita, yakni Jro Mangku Budi Utama, 51.

"Telah diwawancara secara langsung. Menurut keterangan Jro Mangku bahwa pada hari Minggu (23/4/2023) itu yang bersangkutan akan berangkat untuk sembahyang menuju Pura Tampurhyang Kayu Selem Bangli," jelas Kapolsek Ubud.

Jro Mangku berangkat mengendarai mobil Nisan Livina DK 1996 FAC dengan melewati jalan raya Ubud dari arah Simpang Kedewatan ke arah timur yang pada saat itu kondisi jalan dalam keadaan macet padat merayap.

Sekitar pukul 15.00 Wita terlihat dari arah belakang melalui spion ada mobil Mitsubishi Xpander warna putih plat F (nomor tidak diketahui) yang menerobos dari arah barat menggunakan lajur selatan dan mengenai spion kanan mobil yang berada di belakang mobil Jro Mangku.

Tiba-tiba WNA tersebut keluar dari mobil untuk mencari Jro Mangku yang pada saat itu masih di dalam mobil. 

Saat itu, Jro Mangku menyampaikan secara baik-baik bahwa yang  bermasalah adalah pengendara mobil di belakang Jro Mangku sambil mengatakan bahwa "Traffic Krodit/ Jalan macet".

Kemudian orang asing tersebut mencari pengemudi mobil di belakang tersebut dan kembali menghampiri Jro Mangku sembari memaki "Shit You!".

Nah, kata-kata 'Shit You' inilah yang tidak bisa diterima oleh Jro Mangku hingga emosinya memuncak. 

Karena ada kata  tersebut kemudian Jro Mangku keluar mobil dan mencari WNA tersebut. Dalam sekejap mata, WNA tersebut mengambil pecahan kaca kemudian menaikkan tangan dengan dialek Bahasa Rusia dan sambil mendorong Jro Mangku.

Karena Jro Mangku tidak terima didorong atas perlakuan orang asing tersebut kemudian Jro Mangku berusaha melawan yang pada saat itu membuka dan menaruh udeng dan kaca mata ke dalam mobil selanjutnya  terjadi perkelahian.

"Atas kejadian tersebut Jro Mangku terkena pukulan sebanyak 2 kali yang mengenai rahang dan pelipis kiri, namun tidak ada luka dan hanya sakit pada pelipis kiri. Sempat mengenai wajah orang asing tersebut namun tidak mengetahui kondisi WNA/Orang Asing tersebut," jelas Kapolsek.

Saat ini Unit Intelkam masih melaksanakan lidik terkait dengan kasus ini untuk mengetahui identitas dari WNA. 

Sementara dari hasil pengamatan terhadap video tersebut, mobil yang digunakan WNA dalam video tersebut adalah Mitsubhisi Xpander warna Putih nopol F 1520 JT. *nvi

Komentar