nusabali

Libur Lebaran, Wisatawan Membeludak di DTW Uluwatu

Parkir Manfaatkan Lahan Pribadi

  • www.nusabali.com-libur-lebaran-wisatawan-membeludak-di-dtw-uluwatu

Di DTW Uluwatu manfaatkan lahan pribadi untuk parkir kendaraan wisatawan. Di DTW Sangeh, semua karyawan kerja lembur.

DENPASAR, NusaBali
Daya Tarik Wisata (DTW) Uluwatu di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung dipadati wisatawan selama libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023. Tidak kurang dari 28.000 wisatawan yang berkunjung mulai Rabu (19/4) sampai dengan Minggu (23/4).

Areal parkir seluas 2 hektare tak mampu memuat jumlah kendaraan pengunjung, sehingga pengelola DTW memanfaatkan lahan pribadi untuk tambahan tempat parkir.

“Astungkara, semua lancar. Namun parkir penuh, sehingga  sebagian kendaraan diparkir di lahan pribadi,” ujar Wakil Manejer DTW Uluwatu I Wayan Mosinarjana, Senin (24/4). Dia memastikan jumlah kendaraan pengunjung yang keluar maupun masuk mencapai ratusan unit.

Untuk diketahui jumlah pengunjung ke DTW Uluwatu terus mengalami peningkatan khususnya pada hari libur Lebaran 2023 ini. Pada libur bersama yang dimulai 19 April,  jumlah pengunjung 3.949 orang. Pada 20 April meningkat 4.634 orang. Kemudian pada 21 April, bertambah lagi menjadi 5.822 pengunjung. Selanjutnya pada 22 April meningkat lagi, dengan jumlah pengunjung 6.822 atau bertambah 1.000 orang.  “Kemarin (23 April) pengunjung mencapai 7.000 orang,” kata Mosinarjana.

Dijelaskan Mosinarjana, sebagian besar pengunjung adalah wisatawan domestik. Perbandingannya sekitar 60:40 persen.

Sementara DTW Sangeh di Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung juga ramai oleh kunjungan wisdom. Rata- rata antara 400 sampai 600 orang pengunjung per hari  yang menikmati DTW Sangeh. 

Manajer DTW Sangeh I Made Mohon, mengatakan mengantisipasi luberan pengunjung, pihak pengelola menerapkan kerja lembur selama liburan. 
"Seluruh karyawan sebanyak 21 orang tidak ada libur selama liburan ini,” ucap Mohon. 7 k17

Komentar