nusabali

Puncak Arus Balik Lebaran via Terminal Mengwi Diprediksi 25 April

  • www.nusabali.com-puncak-arus-balik-lebaran-via-terminal-mengwi-diprediksi-25-april

MANGUPURA, NusaBali.com - Masa cuti bersama yang dijatah resmi secara nasional berakhir pada Selasa (25/4/2023). Puncak arus balik via Terminal Tipe A Mengwi pun diprediksi terjadi pada akhir masa cuti esok.

I Made Ardana, Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Mengwi menyebut pihaknya mengancang-ancang puncak arus balik pada Selasa sejak sebelum fajar. Prediksi ini masih tergolong tentatif lantaran ada kebijakan cuti tambahan di beberapa instansi.

"Prediksi puncak arus balik pada 25 April 2023. Kalau jumlah bus yang tiba belum bisa kita prediksi karena masih ada libur tambahan," ujar Ardana ketika dihubungi pada Senin (24/4/2023) siang.

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (23/4/2023) malam mengimbau para pemudik agar menghindari periode 24-25 April 2023 untuk bertolak kembali via jalur darat. Ditakutkan volume kendaraan terlalu tinggi dan terjebak kemacetan parah di beberapa titik.

"Untuk memecah penumpukan yang terjadi di puncak arus balik yang terjadi di tanggal 24 dan 25 April 2023 secara bersamaan, pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut," ujar Jokowi.

Presiden mengimbau pemudik yang tidak dalam kondisi mendesak untuk kembali agar mengundur waktu perjalanan setelah Kamis (26/4/2023). Kata Jokowi, hal ini berlaku untuk ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN, maupun swasta yang teknis cuti tambahannya bisa diatur oleh masing-masing instansi.

Sementara itu, angka kedatangan Angkutan Kota Antarprovinsi (AKAP) di Terminal Mengwi mencapai 347 penumpang pada Minggu. Jumlah kedatangan ini dibarengi dengan arus keberangkatan normal yakni 478 penumpang.

Berdasarkan pantauan lapangan pada Senin sekitar pukul 11.52 Wita, jumlah kedatangan di Terminal Mengwi sudah mencapai 311 penumpang dari 14 unit bus. Sedangkan angka keberangkatan baru mencapai 192 penumpang dengan tujuh unit bus.

Berkaca dari angka keberangkatan di puncak mudik pada Rabu (19/4/2023) lalu sebanyak 2.427 penumpang, Korsatpel Ardana memprediksi jumlah kedatangan bisa lebih banyak. Hal ini dikarenakan sudah menjadi modus setiap arus balik bahwa para pemudik bakal mengajak saudara turut mengadu nasib di perantauan.

"Harusnya (jumlah penumpang arus balik) lebih banyak dari jumlah mudik karena sering terjadi bila balik ajak saudara atau teman," ungkap Ardana.

Untuk menyikapi fenomena ini, Terminal Mengwi bersama instansi terkait pendataan kependudukan dan instansi pendukung bakal melakukan layanan terpadu. Layanan ini akan dilakukan mulai Selasa esok sekitar pukul 05.00 Wita saat pemudik kembali ke Bali via terminal di Desa Mengwitani ini. *rat

Komentar