nusabali

Ternyata Seperti Ini Cara Makan Steak yang Benar

  • www.nusabali.com-ternyata-seperti-ini-cara-makan-steak-yang-benar

DENPASAR, NusaBali.com - Siapa yang tidak mengenal steak? Makanan yang berupa daging panggang ini menjadi sajian yang sangat nikmat. Alat makan steak biasanya berbeda dengan peralatan makan yang biasa kita gunakan karena menggunakan pisau dan garpu.

Bagi sebagian orang, makan dengan garpu dan pisau dapat menjadi kegiatan yang merepotkan, apalagi ditambah dengan penggunaan tangan kiri. Tetapi apakah itu memang cara yang paling benar saat memakan steak? 

Cara Makan Steak yang Benar 

Agar tidak salah tata cara atau bahkan sampai salah dalam bersikap saat menyantap steak, berikut ini ulasan singkat soal tata cara yang tepat dalam memotong daging steak: 

1. Periksa Temperatur Dagingnya Saat Steak Sudah Tersaji 

Cara memeriksanya yaitu dengan melihat warna daging dari toko daging pada bagian dalam. Hindari memotong daging pada bagian yang mendekati tulang lebih dulu atau pada bagian ujungnya. Mulailah dengan memotong dari bagian tengah karena di situ kita bisa melihat dengan jelas suhu daging steak yang tersaji sesungguhnya. 

2. Etika Memotong Gaya Amerika 

Untuk gaya Amerika, terkait memotong daging diketahui ada dua aliran yang utama. Pertama dalam gaya Amerika ada yang disebut dengan zig zag yaitu dimana kita mulai memotong dengan memegang pisau di tangan kanan dan memegang garpu di kiri. Jari telunjuk harus tegak, jangan memegang seperti pensil atau mengepalkannya. Gunakan garpu untuk menjepit daging lalu potong dengan menggunakan pisau dengan presisi cukup untuk satu gigitan. 

3. Etika Makan Steak Gaya Amerika 

Setelah memotong gigitan pertama, letakkan pisau di atas piring. Jangan biarkan pisau menyentuh meja atau taplak setelah menggunakannya. Pindahkan garpu ke tangan kanan anda, tusuk potongan steak yang baru saja dipotong lalu baru dimakan/dimasukan ke dalam mulut. Ulangi lagi proses ini untuk setiap satu gigitan sekaligus, tidak usah memotong daging menjadi banyak potongan lebih dulu karena sikap ini dinilai sebagai tindakan yang tidak rapi. Apalagi memasukkan lebih dari satu gigitan di mulut dapat membuat terasa canggung jika seseorang sedang berbicara pada anda. 

4. Etika di Luar Amerika 

Untuk etika di luar wilayah Amerika, ternyata lebih simple. Cukup pegang garpu di tangan kiri dan pisau di kanan ketika memulai memotong jual daging steak. Setelah memotong, gunakan pisau untuk menahan daging yang dipotong di tempatnya dan tusuk daging menggunakan garpu yang tetap berada di tangan kiri. Gunakan garpu untuk memasukkan daging ke mulut, lebih sederhana dan lebih efisien. 

5. Etika Umum Dasar 

Gaya etiket mana pun yang dipilih tetap ada beberapa prinsip dasar yang harus diingat. Pertama yaitu jangan lupa untuk mendekatkan siku ke tubuh saat makan, jangan biarkan posisi siku menonjol ke sisi samping. Kedua, jangan pernah bicara dengan mulut penuh makanan. Ketiga setelah selesai makan maka biasakan meletakkan pisau dan garpu di sisi piring secara berdampingan.

6. Memperhatikan Tata Cara Meletakkan Pisau dan Garpu Setelah Makan 

Jika anda makan steak di tempat jual daging wagyu dengan menggunakan gaya Amerika, letakkan pisau dan garpu di atas piring dengan sisi garpu menghadap ke atas. Sedangkan jika makan steak dengan menggunakan gaya Eropa, letakkan garpu dan pisau berdampingan dengan sisi garpu menghadap ke bawah.

Komentar