nusabali

Ingin Tetap Nyemil Saat Diet? Simak 10 Pilihan Cemilan Penurun Berat Badan

  • www.nusabali.com-ingin-tetap-nyemil-saat-diet-simak-10-pilihan-cemilan-penurun-berat-badan

DENPASAR, - NusaBali.com - Mengkonsumsi cemilan ketika diet tidak selalu menjadi pantangan. Memilih jenis cemilan untuk diet yang bernutrisi justru dapat membuat tubuh kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan dan membantu menurunkan berat badan.

Cemilan untuk diet yang sehat tidak hanya harus rendah kalori namun juga kaya dengan nutrisi seperti vitamin, protein dan mineral. Mengkonsumsi cemilan yang kaya dengan nutrisi dapat membantu untuk menurunkan berat badan dengan cara menahan rasa lapar, mencegah makan yang berlebihan sekalipun mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Ragam Pilihan Cemilan Saat Diet 

Dalam memilih cemilan diet, sebaiknya hindari makanan olahan atau yang dimasak dengan cara digoreng. Berikut ini beberapa pilihan cemilan untuk diet yang dapat menurunkan berat badan: 

1. Kacang-Kacangan 

Kacang-kacangan adalah cemilan untuk diet yang ideal karena mengandung lemak sehat, serat dan protein. Selain mengandung banyak nutrisi, kacang-kacangan juga mengenyangkan. Terlepas dari kalorinya yang cukup tinggi, penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dalam jumlah sedang bisa membantu menurunkan berat badan. Ada banyak jenis kacang yang dapat menjadi cemilan diet seperti kacang tanah, kacang mete, almond dan pistachio. Lakukan konsultasi dokter gratis untuk mendapatkan informasi lanjut. 

2. Biji-Bijian 

Biji-bijian adalah sumbr serat, lemak sehat dan antioksidan. Selain itu, biji-bijian juga kaya dengan mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor. Jenis biji-biojian yang dapat menjadi cemilan untuk diet adalah biji wijen, biji chia, biji labu dan biji bunga matahari. 

3. Oatmeal 

Oatmeal tidak hanya berperan sebagai pengganti karbohidrat namun oatmeal bisa diolah menjadi cemilan untuk diet yang lezat. Anda dapat mengolah oatmeal menjadi makanan yang hangat ataupun dingin. Dibandingkan dengan jenis sereal lainnya, oatmeal punya kandungan protein dan serat yang lebih tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi ketika anda sedang menjalani program penurunan berat badan. 

4. Popcorn 

Popcorn mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah sehingga sangat baik untuk menjadi cemilan diet. Dalam satu cangkir popcorn, ada kandungan 33 kalori. Popcorn bahkan bisa memberikan efek lebih kenyang dibandingkan dengan kripik kentang dengan jumlah kalori yang sama. Hanya saja, manfaat tersebut didapatkan kalau membuat popcorn sendiri di rumah. Popcorn siap saja yang ada di pasaran biasanya sudah ditambah dengan garam dan gula sehingga kalorinya lebih tinggi. 

5. Tahu 

Tahu juga mengandung berbagai nutrisi seperti kalsium, serat, zat besi, omega-3 dan antioksidan. Tahu rendah kalori, karbohidrat dan lemak jenuh sehingga baik untuk dijadikan cemilan ketika diet. Agar lebih sehat maka tahu sebaiknya diolah dengan direbus atau dipepes. 

6. Ubi 

Kalau ingin cemilan yang lebih mengenyangkan saat diet, maka pilih saja ubi. Ubi rendah akan lemak dan kalori namun kaya serat. Ubi mengandung mineral dan vitamin seperti vitamin B dan vitamin C. Untuk mengolah ubi menjadi cemilan yang menyehatkan, maka sebaiknya dikukus atau dipanggang. 

7. Buah-Buahan 

Buah-buahan pun bisa menjadi cemilan untuk diet yang mengenyangkan dan sehat. Buah-buahan juga menyediakan vitamin, mineral dan serat untuk mencegah sembelit. Agar bisa menurunkan berat badan, piliha saja buah-buahan yang kandungan karbohidratnya rendah seperti melon, nanas dan strawberry. Selain itu, jika ingin mengkonsumsi obat diet tertentu, dibutuhkan surat izin dokter

8. Sayuran 

Menjadikan sayuran sebagai cemilan bisa membantu mengurangi berat badan karena memberikan efek kenyang yang lebih lama serta menjaga Kesehatan saluran cerna. Ini karena sayur mengandung kalori yang rendah dan kandungan serat yang tinggi. Selain itu, sayuran juga dilengkapi dengan berbagai mineral dan vitamin yang penting bagi Kesehatan. Ketika sedang diet, pilih saja sayuran yang rendah akan karbohidrat seperti kembang kol,mentimun, buncis, jamur, brokoli dan kale. 

9. Telur Rebus 

Makanan yang satu ini adalah pilihan cemilan untuk diet yang praktis dan sehat. Kandungan proteinnya yang tinggi juga bisa membuat anda kenyang lebih lama sehingga mencegah anda makan lebih banyak. Konsumsi telur yang kaya dengan vitamin D dan mineral juga baik untuk menjaga Kesehatan otot dan tulang. Selain itu, telur juga berguna menjaga Kesehatan mata, jantung dan otak. 

10. Yoghurt 

Yoghurt dapat menjadi cemilan untuk diet dan sebagai alternatif es krim yang lebih sehat. Sebagai sumber protein, kalsium dan probiotik yang sangat baik, yoghurt akan membuat anda merasa lebih lama kenyang. 

Jika mengalami keluhan selama menjalani diet, segera minta contoh surat dokter dari klinik. 

Komentar