nusabali

Libur Lebaran Belum Berdampak Signifikan di Berawa

  • www.nusabali.com-libur-lebaran-belum-berdampak-signifikan-di-berawa

MANGUPURA, NusaBali.com - Momen libur lebaran Idulfitri 1444 Hijriah tahun 2023 dinilai belum berdampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan di Pantai Desa Adat Berawa, Desa Tibubeneng, Kuta Utara.

Daerah wisata yang selalu ramai oleh wisatawan asing dan domestik ini justru mengalami penurunan kunjungan dalam beberapa minggu terakhir jelang lebaran. Situasi ini pun dikonfirmasi oleh Bendesa Adat Berawa I Ketut Riana, 52, saat dihubungi pada Sabtu (22/4/2023) pagi.

"Saat lebaran, untuk (jumlah) kunjungan wisatawan baik asing maupun lokal ten wenten (tidak ada) kenaikan malahan menurun," kata Bendesa Berawa yang akrab disapa Rai.

Fenomena ini dikatakan Rai memang dari tahun ke tahun terjadi lantaran saat lebaran wisatawan/pendatang domestik cenderung eksodus. Kalau pun ada yang berkunjung masih tergolong sepi terutama yang masuk melalui parkiran kawasan suci Pura Perancak yang bisa dihitung dengan jari.

Ketika ditanya perbandingan data kunjung sebelum dan saat lebaran, Rai mengaku tidak mengantongi data pasti. Penilaian ini dia dasarkan pada pantauan lapangan di beberapa lokasi favorit Pantai Berawa.

"Ampura (maaf) jumlah kunjungan belum kami data. Berdasarkan pantauan setiap hari di lokasi favorit sekalian meninjau kegiatan di palemahan (lingkungan) desa adat, yang pasti jumlah kunjungan wisatawan menurun," tegas Rai.

Kondisi ini mulai terasa dari beberapa pekan ke belakang menjelang lebaran pada Sabtu ini. Akan tetapi, Rai berharap situasi ini hanya sementara lantaran masih periode mudik dan hari raya. Pada periode cuti bersama selama tiga hari ke depan diharapkan ada peningkatan kunjungan. *rat

Komentar