nusabali

Bupati Suwirta Evaluasi Program Bedah Desa di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-evaluasi-program-bedah-desa-di-nusa-penida

Perbekel dan BUMDes didorong berperan mengamankan stabilitas harga kebutuhan pokok.

SEMARAPURA, NusaBali
Mengisi libur Lebaran, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra beserta jajaran melakukan evaluasi program Bedah Desa di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Kamis (20/4). Bupati dan rombongan berkunjung ke Desa Sekartaji dan Desa Batumadeg. Program Bedah Desa telah tuntas dilaksanakan di 53 desa dan 6 kelurahan sejak Tahun 2016. 

Bupati Suwirta mengatakan, secara umum kondisi Desa Sekartaji dan Desa Batumadeg sudah jauh berubah. Infrastruktur jalan yang awalnya 0 persen layak, sekarang sudah mencapai 100 persen. Begitu pula air bersih sudah mencapai 100 persen meskipun ada kendala dalam pengelolaannya. Jaringan telepon seluler juga sudah baik meskipun masih ada beberapa titik blankspot. Beberapa warga yang dulunya hidup dalam rumah bedeng sekarang sudah tinggal di tempat yang lebih layak melalui bedah dan rehab rumah. 

Pertumbuhan ekonomi di Desa Sekartaji dan Desa Batumadeg sudah baik. Sudah banyak warga yang pulang dari merantau karena adanya pertumbuhan pariwisata di Nusa Penida. Bupati Suwirta mendorong perbekel dan BUMDes berperan mengamankan stabilitas harga kebutuhan pokok. BUMDdes supaya menyalurkan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, bawang, cabai, dan produk lainnya. “Bukit Teletabis di Desa Sekartaji seluas 27 hektare telah selesai disertifikatkan. Secepatnya kami dorong carikan investor. Potensi ini akan menjadi pendapatan besar bagi desa dan pemerintah,” ujar Bupati Suwirta. 

Bendesa Adat Sekartaji Komang Kertayasa menyampaikan terima kasih kepada Bupati Suwirta dan jajaran atas kerja keras dan pembangunan yang telah dilakukan. Menurutnya pembangunan infrastruktur di Kecamatan Nusa Penida telah berkembang dengan pesat seiring pertumbuhan pariwisata. @ wan

Komentar