nusabali

Adi Arnawa Hadiri Karya Atma Wedana, Gelontor Dana BKK untuk Krama Adat

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-hadiri-karya-atma-wedana-gelontor-dana-bkk-untuk-krama-adat
  • www.nusabali.com-adi-arnawa-hadiri-karya-atma-wedana-gelontor-dana-bkk-untuk-krama-adat
  • www.nusabali.com-adi-arnawa-hadiri-karya-atma-wedana-gelontor-dana-bkk-untuk-krama-adat

MANGUPURA, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bersama istri Ny Rasniathi Adi Arnawa menghadiri upacara karya atma wedana kinembulan lan mapetik di Banjar Adat Pande, Desa Adat Abiansemal, Kecamatan Abiansemal bertepatan dengan Tilem Kadasa, Wraspati Umanis Ugu, Kamis (20/4).

Sekda Adi Arnawa menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2023 sebesar Rp 100 Juta yang diterima manggala karya I Nyoman Artana, disaksikan krama adat. 

Dalam upacara yang dipuput oleh Ida Pedanda Kisana Manuaba dari Griya Lebah Manuaba, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani tersebut, hadir Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Perbekel Abiansemal Ida Bagus Bisma Wiratma, perwakilan bendesa, tokoh masyarakat I Putu Dendy Astra Wijaya, perwakilan Kapolsek serta krama adat.


Dalam sambrama wacana (sambutan,red), Adi Arnawa mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen untuk hadir di tengah-tengah masyarakat, dalam rangka meringankan beban masyarakat di Badung, khususnya dalam pelaksanaan upacara keagamaan. Mantan Camat Kuta Utara ini mengatakan, program Pemerintah Kabupaten Badung dalam keberpihakan kepada masyarakat sangatlah luar biasa dirasakan oleh masyarakat dari berbagai aspek.

“Saya mengajak kepada masyarakat untuk tetap bersatu, sagilik saguluk salulung sabayantaka. Dikarenakan kita di Badung dengan kekuatan utama dari pariwisata yang berbasis budaya kearifan lokal seperti; pelaksanaan pujawali, berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa, maupun menjalankan Tri Hita Karana sebagai contohnya,” ujar birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini.

Sementara manggala karya, I Nyoman Artana matur suksma (mengucapkan terima kasih,red) kepada Pemerintah Kabupaten Badung, karena sudah memberikan dana BKK sebesar Rp 100 juta untuk upacara atma wedana, nyekah kinembulan di Banjar Adat Pande yang berlangsung setiap dua tahun sekali. “Karya ini diikuti atma wedana 19 sawa dan mepetik 14 orang. Bantuan pemerintah sangat kami rasakan, karena nyekah bersama/ nyekah kinembulan ini merupakan sebuah kegiatan yang memupuk rasa persatuan, efisiensi kebersamaan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan,” ujar Artana.@ind

Komentar