nusabali

Pramusti Akan Ngayah Lagu Bali

Serangkaian Pujawali Ida Bhatara Turun Kabeh di Besakih

  • www.nusabali.com-pramusti-akan-ngayah-lagu-bali

"Ini sifatnya spontanitas kita ikuti situasi saja. Supaya masyarakat lebih dekat dengan penyanyi Bali, seniman Bali, lagu-lagu Bali"

DENPASAR, NusaBali

Persatuan Artis, Musisi, Pencipta Lagu dan Insan Seni (Pramusti) Bali berencana ngayah lagu Bali pada pelaksanaan Pujawali Ida Bhatara Turun Kabeh, Kamis (20/4) nanti. Ayah-ayahan insan musik Bali diharapkan bisa menghibur pamedek sembari mereka mesandekan.

Ketua Pramusti Bali I Gusti Ngurah Murthana atau akrab disapa Rah Man mengungkapkan rencana ngayah pihaknya sudah disampaikan kepada pihak Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih dan mendapat respons positif. Pihaknya diizinkan ngayah di Wantilan Manik Mas yang merupakan masuk area parkir yang baru diresmikan oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

"Ini sifatnya spontanitas kita ikuti situasi saja. Supaya masyarakat lebih dekat dengan penyanyi Bali, seniman Bali, lagu-lagu Bali," ujar Rah Man dikonfirmasi, Minggu (15/4).

Rah Man mengatakan, belum mengetahui pasti berapa nantinya jumlah anggota Pramusti Bali yang akan ikut tangkil dan ngayah ke Besakih. Karena pihaknya masih membuka pendaftaran sampai Selasa (18/4) besok. Beberapa penyanyi Bali yang sudah menyatakan ikut, kata Rah Man, yakni Gek Diah 3G hingga D'Antoni.

Selain anggota Pramusti Bali, ungkap Rah Man, kegiatan ini nantinya juga mengajak Forum Backstagers Bali yang merupakan persatuan Event Organizer (EO) yang ada di Bali.

Rah Man mengungkapkan, rencana ngayah lagu Bali ini baru pertama kali dilakukan pihaknya dalam piodalan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih. Sebelumnya ngayah dilakukan sebatas mareresik ataupun ikut melakukan bersih-bersih di Pura Besakih.

Ngayah lagu Bali ini rencananya akan dilakukan setelah para anggota Pramusti Bali melakukan persembahyangan bersama. Berangkat dari Kota Denpasar Kamis siang, ngayah lagu Bali direncanakan dilakukan sekitar pukul 17.00 Wita. Rah Man menyebut  musik yang dibawakan nantinya dalam format electone/akustik.

"Kita menghibur pamedek yang sudah selesai muspa sekaligus bisa bertemu artis-artis idolanya," kata Rah Man.

Tidak hanya menghibur para pamedek, di sela bernyanyi nanti para seniman lagu Bali ini rencananya juga akan menyisipkan pesan-pesan positif seperti misalnya menjaga kebersihan lingkungan Pura Besakih sebagai tempat peribadatan umat Hindu.

Rah Man mengaku bersyukur atas revitalisasi yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Bali dan sudah sepatutnya masyarakat ikut menjaga upaya menjaga kawasan suci Besakih yang sudah dimulai oleh pemerintah.

"Kami bersyukur kawasan Besakih sudah ditata sedemiakian bagus. Sambil menyanyi kita akan berikan pesan-pesan untuk menjaga lingkungan tetap bersih," tandasnya. *cr78

Komentar