nusabali

Bupati Mahayastra Terima Rekomendasi Dewan

  • www.nusabali.com-bupati-mahayastra-terima-rekomendasi-dewan

GIANYAR, NusaBali
Bupati Gianyar Made Mahayastra menerima rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gianyar tahun anggaran 2022 dalam sidang paripurna di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Gianyar, Jumat (14/4).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Gianyar I Wayan Tagel Winarta. Bupati Agus Mahayastra menyampaikan, rekomendasi dewan terhadap LKPJ merupakan aspek penting bagi Dewan dalam melaksanakan fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah. Adanya pengawasan yang seimbang, berimbang, dan objektif dari DPRD akan dapat mengurangi, menekan, dan meminimalisir terjadinya penyimpangan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Keberhasilan pembangunan hanya akan dapat terwujud apabila terjalin hubungan kerja sama yang harmonis antara eksekutif dan legislatif. Adanya loyalitas aparatur serta partisipasi segenap komponen masyarakat.

Bupati Agus Mahayastra mengajak pimpinan dan segenap anggota DPRD Gianyar menjaga kerja sama dan koordinasi harmonis yang telah terjalin. “Kami akan selalu membuka diri untuk saling bertukar pikiran dalam membahas dan mengatasi permasalahan yang muncul,” jelas Bupati Mahayastra. Sementara itu, Ketua DPRD Gianyar I Wayan Tagel Winarta mengatakan, dari APBD 2022 pendapatan daerah terealisasi sebesar 85,96% atau Rp 2,144 triliun lebih dari target yang ditetapkan sebesar Rp 2,46 triliun lebih. Realisasi PAD sebesar 71,99% atau Rp 857,5 miliar lebih dari target yang ditetapkan sebesar Rp 1,2 triliun lebih.

Tagel Winarta meminta pemerintah daerah melakukan inovasi dalam menggali potensi yang dimiliki di luar sektor pariwisata. PAD yang sangat mengandalkan kontribusi sektor pariwisata akan sangat berpengaruh apabila terjadi isu yang menyebabkan turunnya tingkat kunjungan wisatawan. Mengintensifkan pemungutan pajak retribusi daerah terutama yang mempunyai potensi tinggi baik pendataan. Target belanja daerah tahun 2022 sebesar Rp 2,5 triliun terealisasi Rp 1,1 triliun lebih atau sebesar 85,3%.

DPRD Gianyar menyampaikan catatan agar Pemkab Gianyar lebih mengedepankan hal-hal yang menyentuh kepentingan masyarakat, baik melalui belanja operasional, belanja modal, maupun belanja tak terduga. Wayan Tagel Winarta mengatakan, tahun 2022 penerimaan pembiayaan daerah terealisasi 100 persen sesuai rencana yaitu mendekati Rp 120 miliar dan pengeluaran pembiayaan daerah terealisasi 100 persen sesuai dengan rencana Rp 80,3 miliar. Hal tersebut perlu mendapat perhatian yaitu pengelolaan defisit anggaran pada tahun-tahun mendatang mesti dikendalikan secara ketat karena sisa lebih anggaran tahun yang lalu jumlahnya akan semakin kecil. *nvi

Komentar