nusabali

Nelayan Waspadai Siklon Tropis Ilsa

  • www.nusabali.com-nelayan-waspadai-siklon-tropis-ilsa

TABANAN, NusaBali
Siklon Tropis Ilsa dalam 3-4 hari ke depan membuat nelayan di Tabanan meningkatkan kewaspadaannnya.

Selain diminta amankan alat tangkap juga diimbau untuk tak melaut. Sebab dalam fenomena ini ombak relatif tinggi mencapai 2-3 meter.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tabanan I Ketut Arsama Yasa alias Sadam mengatakan, sudah memberikan pengumuman kepada nelayan di Tabanan. Untuk 2-3 hari ke depan tidak melaut serta amankan alat tangkap. "Karena ombak cukup tinggi mencapai 2-3 meter jangan sampai menghanyutkan alat tangkap seperti jukung," jelasnya, Jumat (14/4).

Dia menjelaskan sesuai dari informasi BMKG, puncak terjadinya Siklon Tropis Ilsa ini adalah hari Minggu, dimana ketinggian ombak mencapai 4 meter. "Cuaca buruk ini akan berakhir setelah hari Selasa depan, setelah itu kegiatan melaut mulai aman dan cuaca buruk akan berangsur pulih," kata Arsana Yasa.

Sementara itu, saat ini masih merupakan musim panen untuk beragam tangkapan hasil laut. Diantaranya, untuk aktivitas pancingan maupun menggunakan jaring, termasuk tangkapan untuk lobster. Hanya saja diakuinya, sementara ini terhenti karena dampak cuaca buruk. *des

Komentar