nusabali

Disdikpora Karangasem Gelar OSN SD Tingkat Kabupaten

  • www.nusabali.com-disdikpora-karangasem-gelar-osn-sd-tingkat-kabupaten

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem menggelar OSN (Olimpiade Sains Nasional) SD tingkat Kabupaten, 8 - 9 Mei 2023.

Peserta mulai berdatangan setelah panitia membuka pendaftaran 15 Maret - 18 April 2023. Disdikpora mengundang 365 SD se-Karangasem agar ambil bagian. OSN akan berlangsung secara online. Kepala Bidang Pendidikan SD dan SMP Disdikpora I Gusti Bagus Jaya Arsana memaparkan hal itu, seizin Kadisdikpora I Wayan Sutrisna, di ruang kerjanya, Jalan Veteran Amlapura, Jumat (14/4).

Jaya Arsana memaparkan, peserta OSN dengan syarat sehat, tidak batuk agar tidak mengganggu peserta lain, juga membawa surat keterangan sehat, seizin orangtua, dan wali kelas. OSN hanya untuk dua mata pelajaran, yakni IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan Matematika. Panitia telah menyebarkan kisi-kisi soal agar siswa punya gambaran sebelum puncak lomba.

Peserta yang lolos sesuai passing grade berhak mengikuti OSN Tingkat Provinsi Bali, 19 - 20 Mei 2023. Selanjutnya, memperebutkan tiket ke OSN Tingkat Nasional, 28 Agustus - 2 September 2023.

"OSN juga bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran siswa SD di Karangasem dan mengetahui pemetaan kualitas pendidikan," jelas mantan Sekcam Karangasem itu.

Jelas dia, tahun 2022, ada 891 siswa SD ambil bagian dalam OSN tingkat. Mereka terdiri dari peserta OSN mata pelajaran IPA 468 siswa, dan Matematika 423 siswa.

Kasek SDN 4 Subagan, Kecamatan Karangasem, Ni Wayan Sri Widiantari mengaku telah mendaftarkan 6 siswanya, yakni 3 putra dan 3 putri, untuk ikut OSN Tingkat Kabupaten Karangasem. "Persiapan telah kami lakukan," jelasnya.

Kasek SDN 3 Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Ni Nyoman Budi Parwati mengaku belum mendaftarkan siswanya untuk ikut OSN. "Kami tengah menggelar seleksi di internal sekolah," jelas Budi Parwati. Rencananya akan mengirim 4 siswa, masing-masing untuk mata pelajaran Matematika 2 orang dan IPA 2 orang, putra dan putri.

Berbeda dengan SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem. Menurut Kasek I Wayan Sarja telah mendaftarkan 10 siswa, masing-masing 5 putra dan 5 putri. "Kami telah optimal melakukan persiapan, bahkan target juara," jelas I Wayan Sarja.*k16

Komentar